Hindari KIPI Berat, Tekanan Darah Harus Normal Saat Divaksin Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Salah satu syarat menerima vaksin Covid19 adalah tekanan darah kita di bawah 140/90. Hal itu untuk menghindari kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang berat saat vaksinasi.

Namun, Micro Blogger dan Educator Kesehatan, dr Decsa Medika, memiliki sejumlah tips untuk mereka yang memiliki masalah pada tekanan darah yang tinggi atau normal sehingga bisa menerima vaksin yang akan menyelamatkan kita dari Pandemi Covid19 berkepanjangan.

“Untuk penderita hipertensi yang tekanan darahnya di bawah 140/90 dengan atau tanpa obat, sudah bisa di vaksin kok, jangan kuatir! Oleh karena itu biar lancar sblm vaksin nanti ikuti tips2nya ini,” ujar Desca kepada Mata Indonesia News, Senin 8 Februari 2021.

Dia menyarankan kita mempersiapkan diri beberapa hari sebelum vaksinasi seperti rutin mengonsumsi obat bagi yang memiliki hipertensi.

Selain itu, rajin periksa tekanan darah, lalu olahraga teratur, kurangi makan makanan asin, tidur cukup dan kelola stres dengan baik.

Pada harinya, 30 menit sebelum diukur tekanan darah kamu jangan mengonsumsi kopi, merokok dan jangan berolahraga.

Lalu lima menit sebelum pengukuran tekanan darah duduk dengan santai, jangan stres atau cemas.

Ketika pengukuran tekanan darah dilakukan manset pengukurnya harus pas dengan lengan kamu. Lalu, duduk tenang dan jangan banyak bicara.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini