Herd Community Belum Tercapai, Wapres Tegaskan Pentingnya Vaksin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan, kewajiban bervaksin Covid-19 tidak akan gugur selama kekebalan kelompok atau herd immunity belum tercapai.

Vaksinasi Covid-19 akan efektif apabila herd immunity sebanyak 70 persen dari total populasi di Indonesia atau 182 juta orang bisa tercapai.

“Kewajiban bervaksin tidak akan gugur sebelum terjadinya vaksinasi sampai 182 juta orang. Artinya kita masih tetap berdosa kalau belum terjadi herd immunity,” kata Ma’ruf, Selasa 2 Februari 2021.

Ma’ruf juga mengatakan bahwa program vaksinasi yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air dengan membentuk herd immunity tersebut.

“Upaya yang dilakukan pemerintah dalam program vaksinasi yang bertujuan untuk terciptanya kekebalan komunitas herd immunity, baru bisa tercapai kalau 70 persen atau 182 juta dari 200 juta penduduk Indonesia ikut melakukan vaksinasi,” kata Ma’ruf.

Selain itu, Ma’ruf juga meminta masyarakat untuk mematuhi pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan disiplin menjalankan  3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Hal ini merupakan wujud pencegahan terhadap penularan Covid-19 supaya aktivitas bisa kembali berjalan normal, mulai dari sekolah hingga kegiatan ekonomi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini