Hati-hati, Ini Daftar 82 Kelurahan di Jakarta yang Rawan Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Musim penghujan telah tiba, sejumlah wilayah di Jakarta diminta untuk waspada terhadap terjangan banjir. Hal ini dihimbau oleh Kepala Pusat data dan Informasi DKI Jakarta, M. Insaf.

“Terdapat 82 kelurahan yang berpotensi banjir berdasarkan hasil analisis data historis banjir dengan kondisi fisik alam wilayah DKI Jakarta,” katanya, Selasa 8 Desember 2020.

82 kelurahan itu tersebar di 5 kota administrasi Jakarta. Titik banjir, Jakarta Selatan merupakan wilayah dengan jumlah kelurahan terbanyak rawan banjir.

Data BPBD menunjukkan ada 25 kelurahan di Jakarta Selatan rawan banjir. Wilayah itu di antaranya, Cilandak Barat, Lebak Bulus, Pondok Labu, Cipete Utara, Petogogan. Kemudian Cipulir, Kebayoran Lama Utara, Pondok Pinang, Bangka, dan Kuningan Barat.

Lalu ada Mampang Prapatan, Pela Mampang, Tegal Parang, Kalibata, Pengadegan. Selanjutnya Rawajati, Cilandak Timur, Jati Padang, Pejaten Timur, Bintaro. Serta Petukangan Selatan, Ulujami, Bukit Duri, Kebon Baru, dan Manggarai.

Sementara di Jakarta Timur ada 23 kelurahan rawan banjir, di antaranya; Cakung Timur, Pulo Gebang, Rawa Terate, Cibubur, Kelapa Dua Wetan, Rambutan, Pondok Bambu, Bidara Cina. Berikutnya Cipinang Besar Selatan, Cipinang Muara, Kampung Melayu, Cawang, dan Cililitan.

Selanjutnya, Kelurahan Dukuh, Kramat Jati, Cipinang Melayu, Halim Perdana Kusuma, Kebon Pala, Makassar, Pinang Ranti, Kebon Manggis, Kalisari, dan Pekayon.

Sedangkan di Jakarta Barat tercatat 17 kelurahan dinyatakan rawan terendam banjir. Dari data BPBD, 17 kelurahan tersebut yakni; Cengkareng Barat, Cengkareng Timur, Duri Kosambi, Kapuk, Kedaung Kali Angke, Rawa Buaya, Jelambar Baru, Wijaya Kesuma. Kemudian Semanan, Tegal Alur, Duri Kepa, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Joglo, Kembangan Selatan, Kembangan Utara, dan Pinangsia.

Di Jakarta Utara tercatat ada 15 kelurahan rawan banjir, yakni; Cilincing, Marunda, Semper Barat, Semper Timur, Suka Pura, Kelapa Gading Timur, Pegangsaan Dua, Tugu Selatan, Pademangan Barat, Kamal Muara. Berikutnya Kapuk Muara, Pejagalan, Penjaringan, Pluit, dan Tanjung Priok.

Sedangkan, di Jakarta Pusat tercatat hanya 2 kelurahan yang rawan banjir, yakni Kelurahan Karet Tengah dan Petamburan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini