Hari Ini Ulang Tahun, Begini Transformasi wajah Andra Ramadhan Sejak era Dewa 19

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Hari ini, Andra Ramadhan genap berusia 47 tahun. Lelaki bernama lengkap Andra Junaidi Ramadhan itu boleh dibilang sudah menjadi dewa gitar Indonesia. Bagaimana tidak?

Kemampuannya memetik dawai-dawai gitar pantas disejajarkan dengan Dewa Bujana, gitaris Band Gigi; Toh Pati maupun Balalawan.

Namun bukan karena petikan gitarnya, Andra bisa menjadi musisi top Indonesia. Kepribadiannya juga mampu membawa band yang diawakinya tidak menjadi kelompok ecek-ecek dan solid.

Tengok saja Dewa 19 yang eksis di era 80-an sampai sekitar 2006, begitu juga dengan Andra and The BackBone yang lagu-lagunya langsung menguasai tangga-tangga lagu saat rilis perdana bersama band tersebut.

Andra and The BackBone kini tidak banyak tampil di depan umum dan kegiatan bermusik lelaki kelahiran Surabaya 17 Juni 1972 tersebut tidak terlalu terdengar lagi. Namun musik dan Dewa tidak bisa dia tinggalkan.

Apa saja perubahan pada diri Andra sepanjang sejak era Dewa hingga sekarang? Inilah beberapa foto penampilannya bermusik.

dan pendiri band legendaris Dewa 19. Kepiawaiannya bermusik membuktikan dia sanggup membesarkan sebuah band seperti Andra and The BackBone misalnya.

Kehadirannya bukan hanya meramaikan kacah musik Indonesia tetapi juga membuat band tersebut solid. Andra and The BackBone didirikan setelah dia meninggalkan Dewa 19 yang berubah menjadi Dewa.

Apa saja perubahan pada diri Andra? Inilah beberapa foto perbandingan wajah Andra dari sejak awal bergabung dengan Dewa 19 hingga saat ini.


Andra saat manggung bersama Dewa 19 pada suatu kesempatan. Saat itu Ari Lasso masih menjadi vokalis. Dalam gambar Andra paling kiri. (dok. istimewa)

Andra Ramadhan (paling kanan belakang ) saat masih gondrong dan masih muda belia. (dok. istimewa)
Andra (berambut gondrong paling kanan) bersama personil Dewa 19 lainnya. Saat itu, Once telah bergabung menggantikan posisi Ari Lasso sebagai vokalis. (dok. Istimewa)
Andra juga pernah berambut pendek dan disisir rapih, tapi kelihatannya kurang cocok dengan wajahnya (dok. istimewa).
Gaya rambut pendek Andra tampak keren saat manggung bersama Achmad Dhani. (dok. istimewa)
Andra dengan gaya rambut yang cepak di samping Stevie Item saat konser bersama Andra and The Backbone (dok. istimewa)
Tetap terlihat kalem dan menawan dengan potongan rambut pendek. Andra tengah asyik memainkan gitar akustiknya dalam booth Yamaha di PRJ kemayoran. (inkphy.com)

Wikipedia menulis bahwa Andra merupakan pria asal Jawa Timur. Ia lahir di Surabaya pada tanggal 17 Juni 1972 dan merupakan anak bungsu dari enam bersaudara, hasil pernikahan pasangan A. Ramadhan dan S.M. Fadilah.

Perkenalan Andra terhadap dunia musik bisa dibilang cukup terlambat. Ia baru mulai tertarik dengan musik karena saat berada dibangku SMP, lewat ekskul.

Mula-mula, ia bermimpi untuk menjadi seorang drummer terkenal. Tetapi karena biaya untuk membeli Drum sangat mahal, maka setelah melihat teman-temannya asyik memetik gitar, hobinya pun berganti.

Bermodal gitar pinjaman, ia mulai belajar gitar. Memang karena bakat, kemampuan dan teknik permainannya berkembang sangat pesat.

Di SMPN 6 inilah, Andra bertemu dengan Dhani, Wawan, dan Erwin kemudian mereka sepakat untuk membentuk band dengan nama Dewa. Aliran rock yang pertama mereka geluti akhirnya pindah ke jazz akibat pengaruh Erwin. (Krisantus de Rosari Binsasi)

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini