Hari ini, Rizieq Shihab Jalani Sidang Perdana di PN Jaktim

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab (MRS) bakal menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur  untuk rentetan kasus pidana yang menjeratnya sejak kembali ke Tanah Air.

Tak hanya Rizieq, sejumlah terdakwa juga diketahui masih terafiliasi dengan FPI. Mereka antara laun Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, idrus alias Idrus Al-Habsy dan Maman Auryadi terkait kasus pidana kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Sementara itu Dirut RS Ummi, Andi Tatat dan menantu Rizieq Shihab, Muhammad Hanif Alatas juga didakwa terkait hasil swab test Covid-19.

Adapun perkara Rizieq teregister dalam nomor perkara 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim,225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim dan, 226/Pid.B-2021/PN.Jkt.Tim.

“Sidang pertama Rizieq Shihab dkk, dengan agenda pembacaan dakwaan,” kata Humas PN Jaktim, Alex Adam Faisal, Senin 15 Maret 2021.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen Pol Rusdi Hartono menegaskan bahwa sidang digelar secara virtual sehingga Rizieq tidak hadir secara langsung di ruang persidangan.

Namun ia menegaskan bahwa polisi tetap mengerahkan 658 personel untuk berjaga di sekitar lokasi persidangan.

“Sidang secara virtual, masyarakat harus pahami. Artinya MRS tetap berada di Bareskrim Polri untuk laksanakan sidang tersebut,” kata Rusdi.

Rusdi juga mengingatkan masyarakat ataupun simpatisannya untuk mengikuti aturan persidangan yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Dalam sidang perdana ini Rizieq bakal didakwa dengan lima dakwaan alternatif untuk perjara kerumunan Petamburan. Hakim yang akan menyidangkan adalah Suparman Nyompa, M Djohan Arifin dan Agam Syarief Baharudin.

Sementara untuk perkara hasil swab tes Rizieq di RS Ummi akan disidangkan oleh Majelis Hakim Khadwanto, Mu’Arif, dan Suryaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini