Hari ini 1 Maret 2022 Awas Potensi Hujan Lebat di 29 Wilayah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hujan deras di pagi hari yang melanda sebagian wilayah Jakarta pada Selasa 1 Maret 2022 ternyata terus berlanjut. Tidak hanya Jakarta, ada 22 wilayah yang prakiraanya akan mengalami hujan deras dengan angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia.

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, menyampaikan adanya Ex-Siklon Tropis ANIKA terpantau di daratan Kimberly, Australia Utara yang bergerak ke arah barat daya dengan tekanan 995 mb dan kecepatan angin maksimum 35 knot.  Intensitas Ex-Siklon Tropis ANIKA akan menguat kembali seiring pergerakannya ke arah barat daya menuju Samudra Hindia utara Australia Barat.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga lebih dari 25 knot yang memanjang dari Laut Sawu hingga Australia Barat bagian utara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah siklon tropis.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Selatan hingga Lampung, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, Sulawesi bagian tengah, Papua Barat dan Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang di Laut Jawa, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi bagian selatan dan Papua bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut ini wilayah yang akan terguyur hujan lebat seharian:

– Aceh

– Sumatera Utara

– Sumatera Barat

– Riau

– Bengkulu

– Jambi

– Sumatera Selatan

– Kep. Bangka Belitung

– Lampung

– Banten

– Jawa Barat

– Jawa Tengah

– Yogyakarta

– Jawa Timur

– Bali

– Nusa Tenggara Barat

– Nusa Tenggara Timur

– Sebagian wilayah Kalimantan Barat

– Kalimantan Tengah

– Beberapa wilayah di Kalimantan Utara

– Bagian Kalimantan sebelah Timur

– Sejumlah wilayah di Sulawesi Utara

– Beberapa di Sulawesi Tengah

– Sulawesi Barat

– Sebagian Sulawesi Tenggara

– Maluku Utara

– Maluku

– Papua Barat

– Papua

Wilayah yang berpotensi hujan dengan kilat/petir dan angin kencang:

– DKI Jakarta

– Kalimantan Selatan

– Sulawesi Selatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini