Hapus Nigeria, AS Masukkan Rusia dalam Daftar Hitam Negara Pelanggar Kebebasan Beragama

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) menghapus Nigeria dalam daftar negara dengan masalah kebebasan beragama. Yang mengejutkan, Paman Sam memasukkan Rusia ke daftar hitam tersebut.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan bahwa selain Rusia, beberapa negara juga menjadi perhatian khusus, di antaranya: Myanmar, Cina, Eritrea, Iran, Korea Utara, Pakistan, Saudi Arabia, Tajikistan, dan Turkmenistan.

AS juga menempatkan Aljazair, Komoro, Kuba, dan Nikaragua dalam daftar pengawasan kebebasan beragama, dan menunjuk kelompok bersenjata, termasuk Negara Islam dan beberapa afiliasinya, sebagai entitas yang menjadi perhatian, seperti dilansir News24, Jumat, 19 November 2021.

Tetapi Nigeria, yang ditambahkan ke daftar hitam untuk pertama kalinya tahun 2020, akhirnya dihapus. Blinken tiba di Abuja pada Kamis (18/11), di mana ia bertemu dengan para pejabat termasuk Presiden Muhammadu Buhari dan menyampaikan pidato mengenai kebijakan AS di Afrika.

Komisi AS untuk Kebebasan Beragama Internasional (USCIRF) pada April merekomendasikan agar Nigeria tetap dalam daftar, dengan alasan kekerasan oleh kelompok Islam militan dan aktor bersenjata non-negara lainnya, serta diskriminasi, penahanan sewenang-wenang, dan hukuman penistaan ​​agama oleh otoritas negara.

USCIRF – yang juga merekomendasikan India, Suriah dan Vietnam ditetapkan sebagai negara yang menjadi perhatian, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka terkejut dengan penghapusan Nigeria.

“Kami mendesak Departemen Luar Negeri AS untuk mempertimbangkan kembali penunjukannya berdasarkan fakta yang disajikan dalam pelaporannya sendiri,” kata ketua Nadine Maenza, mengacu pada laporan departemen tentang kebebasan beragama internasional pada Mei, yang mengutip masalah kebebasan beragama di Nigeria.

Berdasarkan laporan tahunan terbaru yang dirilis diplomat AS mengenai kebebasan beragama mengawasi penyalahgunaan undang-undang tentang eksremisme oleh pemerintah Rusia untuk membatasi kegiatan damai minoritas agama.

“Kelompok agama dan organisasi non-pemerintah (LSM) melaporkan pihak berwenang terus menyelidiki, menahan, memenjarakan, menyiksa, dan/atau melecehkan orang secara fisik atau menyita properti mereka karena keyakinan agama mereka,” tutur Blinken.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini