Gubernur DIY Minta Pemerintah Pusat Segera Bangun Infrastruktur Joglosemar

Baca Juga

MINEWS, YOGYAKARTA – Industri pariwisata Yogyakarta makin berkembang dengan kehadiran Yogyakarta International Airport di Kulon Progo. Potensi tersebut langsung direspon Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X dengan meminta dukungan pemerintah pusat.

Dukungan yang dimaksud yakni untuk segera membangun infrastruktur pengembangan Yogyakarta-Solo-Semarang atau Joglosemar. Hal tersebut sudah dituangkan dalam kesepakatan bersama dengan pemerintah pusat, sebagai landasan pengembangan Joglosemar sebagai kekuatan pengembangan pariwisata.

“Kami punya kesepakatan dengan pemerintah pusat yang akan membangun tol untuk Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Semarang lewat Bawen-Secang-Borobudur-Yogyakarta-Solo,” kata Sri Sultan HB X di Yogyakarta, Rabu 24 April 2019.

Tak cuma itu, Sultan mengatakan bahwa ada kesepakatan pembangunan outer Ring Road dari Tempel-Prambanan ke Selatan, kemudian ke barat tembus Sentolo. Dari Sentolo, lanjutnya, langsung ke Dekso langsung Muntilan tembus tol Borobudur-Yogyakarta, dan dari Temon ke utara ke atas kemudian sampai Dekso.

Sultan juga mengungkapkan bahwa kemungkinan ada tol dari Jakarta-Bandung kemudian ke Kroya sampai Yogyakarta-masuk Yogyakarta-Solo. Tapi rencana tersebut masih dalam pembicaraan untuk membicarakan lokasinya.

Kesepakatan lain yakni pengembangan Yogyakarta-Solo, mulai dari Temon-Prambanan juga tembus ke Manisrenggo (Klaten) keluar Boyolali dan Salatiga. Infrastruktur ini nantinya menjadi alternarif wisata untuk lereng Merapi tumbuh.

“Di Boyolali ada Selo yang bisa melihat Merapi dan Merbabu dan bisa tumbuh ke Kopeng dan kawasan lainnya. Harapannya, pengembangan Joglosemar ini bisa tumbuh, tidak hanya sekedar Borobudur,” ujarnya.

Kalau infrastruktur Joglosemar bisa dibangun, Sultan optimistis pengembangan ini, maka akan semakin cepat pihak ketiga akan berinvestasi. “Saya juga optimistis dengan adanya Bandara Internasional Yogyakarta dan pengembangan Joglosemar, tidak hanya Yogyakarta yang berkembang, Joglosemar ini bisa tumbuh objek wisatanya,” katanya.

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini