Go Digital, 21 Juta UMKM Kini Sudah Masuk Marketplace

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sudah ada 21 juta UMKM yang merambah pasar digital. Hal itu dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Ini kata dia bisa mendorong tingkat akses digital para pelaku usaha kecil dan menengah.

Sandiaga Uno mengungkap, data ini mengacu pada perolehan yang dihimpun asosiasi e-commerce Indonesia (IdEA). Mengingat, target pemerintah yang menggenjot sampai 30 juta UMKM yang masuk sektor digital di 2024.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kemenkomarves, Pak Odo (Deputi bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Odo RM Manahutu) sekaligus melaporkan bahwa pada hari ini menurut IdEA, Bima (Ketua IdEA, Bima Laga) sudah tembus 21 juta UMKM yang on boarding,” ungkapnya dalam penutupan Gernas BBI Sumatera Barat, Jumat 16 September 2022.

Atas capaian ini, berarti ada masih diperlukan sebanyak 9 juta UMKM lagi yang masuk pasar digital untuk mencapai target pemerintah. Setidaknya, jumlah ini perlu dikejar dalam waktu sekitar 2 tahun.

Menurutnya, jika ada 30 juta UMKM yang on-boarding, akan menggerakkan ekonomi sekitar 1,7 persen tambahan pertumbuhan ekonomi. Termasuk didalamnya pembukaan akses lapangan kerja.

Guna mendorong target tersebut, Sandiaga Uno meminta adanya peningkatan belanja produk dalam negeri di semua lapisan. Termasuk juga target belanja produk dalam negeri yang dilakukan pemerintah.

“Total pembelian dalam negeri yang kita targetkan Rp 500 triliun ini tulang punggungnya ada di kita semua di sini tapi juga bukan hanya bangga tapi beli produk produk kreatif lokal,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimis Perekonomian Indonesia Terus Bertumbuh

Optimisme pemerintah dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat di tahun-tahun mendatang merupakan sebuah harapan yang perlu didukung...
- Advertisement -

Baca berita yang ini