Gerah, Korea Utara Ogah Bahas Nuklir Lagi dengan AS

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Korea Utara benar-benar gerah dengan sikap Presiden AS Donald Trump yang disebut selalu menunjukkan ‘omong kosong’ dalam dialog tentang denuklirisasi antara kedua negara.

Bahkan, menurut kantor berita resmi KCNA, Korut sudah memutuskan untuk tidak lagi membuka peluang dialog yang selalu berisi basa-basi bersama AS terkait nuklir.

“Kami tidak lagi tertarik dengan pembicaraan seperti itu yang tidak membawa apa-apa kepada kami,” kata pejabat senior Korut, Kim Kye-Gwan.

Sebelumnya, Trump pada Minggu 17 November 2019 lalu mendesak Pemimpin Korut Kim Joung-Un untuk bertindak cepat dalam menyusun pertemuan. Namun, permintaan itu dinilai melukai perasaan Korut.

Kim Kye-Gawan berkata, AS seharusnya yang membuat langkah tegas untuk meninggalkan pesan-pesan permusuhan jika benar-benar menginginkan dialog terkait nuklir dengan Korut.

Ia menilai, tiga pertemuan yang sudah dilakukan saja antara kedua pemimpin sejak Juni tahun lalu tidak membawakan hasil yang signifikan.

Komentar Korut ke Trump secara langsung tersebut terlontar kali kedua dalam waktu kurang dari satu pekan. Sebelumnya hal itu dihindari oleh Pyongyang sejak kedua belah pihak memulai kembali melakukan proses dialog yang pada 2018.

Pejabat senior yang memimpin negosiasi dengan AS Kim Yong Chol mengatakan,  Washington tidak boleh bermimpi negosiasi untuk denuklirisasi sebelum menjatuhkan kebijakan yang sesuai. Penyataan itu merujuk pada latihan militer AS dengan Korea Selatan.

“Kami tidak memiliki masalah mendesak dan tidak berniat untuk duduk di atas meja dengan AS yang rumit,” kata Kim Yong Chol.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini