Geopark Ciletuh Dikembangkan Jadi Kawasan Industri Kreatif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kawasan UNESCO Global Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai dikembangkan menjadi industri kreatif sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Pengurus Dekranas Bidang Wirausaha Baru Ratna Arifin Tasrif mengatakan diklat pengembangan UMKM di kawasan Geopark Ciletuh merupakan tindak lanjut program “Dekranas Goes to Geopark” sebagai wujud kerja sama antara Dekranas dan Kementerian ESDM, melalui PPSDM Geominerba, dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, khususnya para pelaku UMKM industri kreatif di sekitar kawasan geopark.

Sepanjang 2021 ini, terdapat tiga lokasi geopark dalam program sinergi Dekranas dan Kementerian ESDM, salah satunya UNESCO Global Geopark Ciletuh.

Diklat pengembangan UMKM ini juga menjadi salah satu upaya Dekranas bersama Kementerian ESDM mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah memanfaatkan potensi bambu di kawasan Geopark Ciletuh.

“Semoga kerja sama yang telah terjalin baik ini dapat terus ditingkatkan untuk pengembangan UMKM dan sektor industri kreatif Indonesia di masa mendatang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Endang Budi Karya Sumadi, mengatakan apresiasi kepada Kementerian ESDM atas terselenggaranya diklat pengembangan UMKM ini.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan apresiasi kepada Kementerian ESDM, khususnya PPSDM Geominerba, yang telah bersinergi dengan Dekranas dalam menginisiasi kegiatan memberdayakan para pelaku UMKM/IKM yang berada di kawasan geopark,” katanya.

Melalui diklat ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan keahlian serta variasi produk-produk yang dihasilkannya guna menciptakan wirausaha-wirausaha baru, serta produk-produk baru.

“Harapan kami melalui program wirausaha baru yang dapat menggalakkan berbagai sektor agar ekonomi masyarakat terus berkembang menuju Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Cegah Skimming, Patroli Samapta Polresta Sleman Pantau Gerai ATM

Mata Indonesia, Sleman - Guna Mengantisipasi aksi kasus pembobolan ATM dengan metode skimming yang merugikan sejumlah nasabah Bank, Polresta Sleman secara rutin melakukan patroli ke titik-titik lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kabupaten Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini