Geger! Sertifikat Vaksin Jokowi Tersebar, Netizen Khawatirkan Data Pribadi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jagat maya dihebohkan dengan bocornya identitas dan sertifikat vaksin, Presiden Joko Widodo. Hal itu terungkap dari beberapa cuitan netizen di Twitter.

Dari foto yang beredar, terpampang jelas identitas lengkap Jokowi mulai dari nama, tanggal lahir hingga Nomor Induk Kependudukan (NIK). Barcode dua dimensi atau akrab dikenal dengan quick response code(QR code) juga terpampang tanpa disensor oleh pengunggahnya.

Alhasil, fenomena itu pun viral di sosial media. Netizen pun menanggapi hal tersebut  dan justru merasa khawatir dengan data pribadi mereka.

Warganet berpikir kalau identitas presiden saja bisa tersebar, bagaimana dengan data mereka.

“TANGKAP PENYEBAR DATA PRIBADI SERTIFIKAT VAKSIN Jokowi ! ! ! lancang skali dy ngecek data orng & menyebarkannya seperti nie.”

“Data pribadi sudah semestinya bersifat rahasia. Dengan bermodal data pribadi, sudah cukup untuk pengajuan pinjol, pembobolan rekening pribadi dan kartu kredit.”

“Data pribadi sekelas presiden saja bisa bocor. Gimana dgn data kalangan proletar ini?”

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta dugaan bocor data presiden Joko Widodo itu dialihkan ke pihak Kemenkes.

Sebab, menurutnya, data sertifikat vaksin yang ada di Pedulilindungi yang ditaruh di pusat data Kementerian Komunikasi dan Informatika diklaim aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini