Gawat, Akibat Mudik Awal Ramadan Sudah Naikkan Kasus Covid19 di Sumatera

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Efek dari mudik yang sudah dimulai sebelum Ramadan sudah terlihat sekarang yaitu terjadi kenaikan kasus aktif Covid19 di semua provinsi Pulau Sumatera. Selain itu juga menurunkan angka kesembuhan serta meningkatkan angka kematian akibat penyakit tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Satgas Pencegahan Covid19 Doni Monardo di Jakarta, Senin 3 Mei 2021.

“Bahkan sebelum Ramadan pun sudah ada yang kembali ke kampung halaman untuk melakukan berbagai macam aktivitas, sehingga kalau kita lihat, hampir semua provinsi di pulau Sumatera mengalami kenaikan kasus baik kasus aktif dan juga menurunkan angka kesembuhan, serta meningkat angka kematiannya,” ujar Doni.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan saat ini masih ada sekitar 7 persen masyarakat yang akan melakukan mudik.

Itu pun jumlah riilnya sekitar 18 jutaan orang atau lebih rendah dari perkiraan semula yang sekitar 33 juta orang akan pulang kampung.

Doni pun mengajak semua warga negara belajar dari beberapa negara, khususnya India. Saat ada pelonggaran terhadap kegiatan dan ritual keagamaan dan juga kegiatan budaya serta olahraga yang dikendurkan, maka kasusnya tidak terkontrol.

Sekarang, rata-rata kasus harian lebih dari 400 (ribu) kasus, maka dia minta hal itu harus menjadi catatan semua orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Aparat Keamanan dalam Mewujudkan Pilkada Kondusif

Dalam upaya menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang kondusif dan aman, peran aparat keamanan sangatlah vital. Dengan sinergi yang...
- Advertisement -

Baca berita yang ini