Gak Kayak Jakarta, Kota-Kota Ini Mudah Bikin Jalur Sepeda yang Aman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah berjanji membangun jalur sepeda yang aman seiring melonjaknya penjualan ‘kereta angin’ itu belakangan. Namun, 63 kilometer yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan cat khusus berbiaya puluhan miliar, dinilai tidak sepadan karena tidak aman dari intervensi kendaraan bermesin.

Menurut CROW-Fietsberaad, lembaga penelitian kebijakan bersepeda, desain jalur sepeda harus mengadopsi 5 prinsip dasar yaitu: aman, menghubungkan titik asal dan tujuan perjalanan, nyaman, menghindari rute memutar dan harus lebih unggul dari rute kendaraan bermesin.

Jakarta bisa menyontoh kota-kota lain yang sudah lebih dahulu membangun jaringan jalur sepeda. Beberapa negara tetangga seperti Thailand dan Singapura yang memiliki jalur sepeda relatif aman.

1. Bangkok, Thailand.
Sudah membangun 230 kilometer jalur sepeda yang dibuat khusus antara aspal jalanan dengan trotoar. Meskipun di beberapa bagian masih rentan intevensi kendaraan lain namun sebagian besar jalur itu memiliki separator berwarna kuning setinggi 30 sentimeter untuk mencegah kendaraan lain memanfaatkannya sehingga memberi rasa aman kepada para goweser.

2. Singapura
Negara pulau itu sudah memiliki 300 kilometer jalur sepeda senilai puluhan juta dolar Singapura yang nyaman. Land and Transport Authority (LTA) Singapura benar-benar membuat pesepeda nyaman menggunakan kereta angin itu sebagai alat transportasi karena jalurnya dibangun berdampingan dengan jalur pejalan kaki.

Jalur itu umumnya melewati pemukiman serta taman-taman kota dan kawasan yang tidak tidak pernah dilalui kendaraan bermesin motor serta diawasi kamera pemantau. LTA akan membangun jalur sepeda di seluruh pulau agar genap menjadi 700 kilometer.

3. Moskow, Rusia
Mirip dengan Singapura, jalur sepeda di ibukota Rusia itu dibangun menembus taman-taman yang tersebar di seantero kota. Beberapa bagian lainnya, terutama kawasan pusat kota pesepeda bisa menggunakan trotoar yang lebarnya delapan meter sehingga tidak mengganggu pejalan kaki.

Seperti halnya di Singapura, sepanjang jalur sepeda Moskow dipasangi kamera pengawas untuk mengantisipasi pelanggaran dari kendaraan bermesin.

Asiknya lagi, kereta-kereta commuter dalam kota dilengkapi gerbong yang boleh mengangkut sepeda segala ukuran.

4. Copenhagen, Denmark
Salah satu kota dengan jalur sepeda terbaik berada di ibu kota Denmark itu. Banyak goweser sampai memiliki pepatah tidak sah pergi ke Denmark jika tidak mencoba jalur sepedanya.

Jalur sepeda di kota itu dan banyak kota lainnya di Denmark juga memberi rasa aman kepada penggunanya karena ada trotoar pelindung dari serudukan mobil atau sepeda motor dari jalan raya.

Di setiap persimpangan, jalur sepeda akan diberi warna biru dan di lintasan itu dipasangi lampu lalu-lintas khusus pengguna sepeda, termasuk sepeda listrik. Kota-kota di negara itu memiliki banyak persewaan sepeda di banyak penjurunya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimis Perekonomian Indonesia Terus Bertumbuh

Optimisme pemerintah dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat di tahun-tahun mendatang merupakan sebuah harapan yang perlu didukung...
- Advertisement -

Baca berita yang ini