Fientje Suebu, Perempuan Papua Pertama yang Ditunjuk Jokowi Jadi Dubes di Selandia Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia tak pernah melupakan nasib warga Papua. Selain ada bantuan lewat dana Otsus, pemerintah juga ikut mengambil talenta berkualitas dari Bumi Cenderawasih untuk berkarir dalam dunia diplomat tanah air.

Fientje Suebu menjadi perempuan Papua pertama yang diamanahkan sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru.

Langkah tersebut diapresiasi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jery Yudianto.

“Pada prinsipnya kita memberikan apresiasi. Karena proses menjadi pemilihan duta besar ini melalui prosedur yang tidak singkat ada proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR RI,” katanya, dikutip Rabu 27 Oktober 2021.

Menurut Jery, karier Fientje Suebu sebagai seorang diplomat asal Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua sangat panjang. Fientje sendiri sudah bertugas selama 31 tahun di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

“Beliau juga berkarir sudah sekian lama di kedutaan besar dan beliau juga awal karier di Kementerian Luar Negeri, otomatis kami memberikan apresiasi,” ujarnya.

Jery berpendapat posisi sebagai Duta Besar RI untuk Selandia Baru sangat strategis. Sebab pemerintah sedang gencar melakukan Pasific Exposition untuk memperkenalkan perekonomian dan perdagangan Indonesia. Khususnya Papua untuk daerah Pasifik.

Ia pun berharap terpilihnya Fientje Suebu ini akan memberikan warna bagi Indonesia. Demikian juga event nasional diharapkan akan terus dilakukan, bahkan yang melibatkan regional khususnya Papua, akan terus bertambah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kejurnas Bola Voli Remaja U-17 tahun 2024 Digelar di Sleman, Danang Harap Muncul Bibit-bibit Unggul

Minggu (23/6) siang, bertempat di GOR Pangukan Kabupaten Sleman, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menghadiri pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas)...
- Advertisement -

Baca berita yang ini