Fatwa MUI: Disuntik Vaksin Saat Berpuasa Tidak Batal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa menerima suntikan vaksin saat sedang berpuasa tidak membuatnya batal.

Menurut pernyataan MUI yang diunggah laman ww.covid19.go.id, keutamaan fatwa tersebut adalah asas keselamatan manusia yang diberi vaksin.

Jadi selama vaksinasi Covid19 tersebut tidak menyebabkan bahaya (dlarar) maka hal itu boleh dilakukan.

Selain itu, melalui fatwanya, MUI memberi rekomendasi untuk pemerintah tetap melaksanakan vaksinasi Covid19 selama bulan puasa.

Jika dikhawatirkan bisa menyebabkan bahaya karena kondisi fisik yang lemah selama berpuasa maka pelaksanaannya bisa dilakukan malam hari.

Selain itu, MUI juga menyatakan umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi demi wujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini