Fakta, Vaksinasi Terbukti Turunkan Risiko Pasien Covid19 Dirawat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hasil vaksinasi dalam pandemi Covid19 adalah menurunnya risiko pasien Covid19 masuk rumah sakit seperti terjadi di Skotlandia.

Pakar Biologi, Riza Putranto mengungkapkan bahwa fenomena itu bahkan sudah tampak setelah penyuntikan dosis pertama.

“Nilai estimasi penurunannya berkisar hingga 84 persen dalam empat minggu paska disuntik vaksin,” demikian pesan Riza yang diterima Mata Indonesia News, Rabu 24 Februari 2021.

Meskipun angka itu masih perkiraan kasar, namun vaksin telah menunjukkan bekerja dengan baik untuk memperlambat penularan Covid19.

Berkurangnya jumlah pasien sakit parah akibat Covid19 dengan signifikan, menurut Riza, akan mengurangi beban rumah sakit sehingga kita berpeluang mengendalikan pandemi tersebut dengan baik.

Sampai program vaksinasi selesai, kita semua masih harus melaksanakan 5M meski harus beraktivitas. ⠀

5M itu adalah menggunakan masker, menjaga jarak, menyuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi keluar rumah. Itu adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap individu⠀.

Sedangkan kewajiban yang harus dilakukan pemerintah terutama pemangku kebijakan bidang kesehatan adalah konsisten melakukan tes-lacak-isolasi/dirawat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini