Epidemiolog: Indonesia Sedang Alami Kebodohan Komunal bukan Kekebalan Komunal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pakar epidemiologi, Pandu Riono, mutan-mutan virus SARS-Cov-2 penyebab Covid19 akan berjaya karena Indonesia sedang mengalami herdstupidity.

Hal itu diungkapkan Pandu dalam akun media sosialnya dengan komentar, “Indonesia sedang dalam kondisi #herdstupidity.”

Istilah itu tampaknya untuk menggambarkan kondisi berlawanan dari herd immunity atau kekebalan kelompok atau komunal demi memutus mata rantai penularan virus SARS-Cov-2 yang kini sudah banyak bermutasi.

Mungkin istilah herdstupidity itu ditujukan kepada tindakan bodoh masyarakat yang ditunjukkan beberapa hari belakangan. Jadi kemungkinan besar istilah itu bisa diartikan sebagai kebodohan komunal atau kelompok.

Tidak ditunjukkan perilaku masyarakat yang mana istilah itu dibuat, namun jika disimak waktu postingan yang 15 jam lalu sangat pas istilah itu untuk para pemudik sepeda motor yang berramai-ramai menerobos sekat larangan mudik dalam beberapa hari belakangan.

Maka, Pandu mengapresiasi langkah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang langsung menyiapkan fasilitas kesehatan untuk menghadapi kemungkinan lonjakan kasus Covid19 usai Idul Fitri 1442 Hijriah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini