Enam Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Mudik ke kampung halaman saat lebaran memang sudah menjadi tradisi setiap orang setiap tahunnya. Apalagi bagi mereka yang hidup merantau di kota besar, jauh dari orangtua dan keluarga besar.

Pulang ke kampung halaman setahun sekali menjadi agenda wajib untuk melepas rindu karena sudah lama nggak bertemu. Tapi, jika rumah kamu kosong saat kamu mudik, akan rawan terjadi pencurian ataupun bahaya lainnya.

Untuk mencegah, MINEWS.ID punya tips agar rumh kamu tetap aman ditingal mudik lebaran ke kampung halaman.

1. Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci Rapat

Sebelum pergi meninggalkan rumah dan mudik lebaran ke kampung halaman, mengunci pintu dan jendela adalah satu hal yang sangat penting. Hal ini karena pintu dan jendela adalah jalan utama masuknya pencuri.

Tidak hanya itu, jangan pernah meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat yang mudah sekali ditemukan oleh pencuri.

2. Simpan Barang Berharga

Bila kamu berencana pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sebaiknya kamu menyimpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uang.

Simpanlah barang-barang berharga di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box jika kamu punya. Kemudian bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya selagi kamu meninggalkan rumah.

3. Matikan Listrik dan Gas

Selain menutup dan mengunci dengan rapat pintu dan jendela rumah, kamu juga perlu memastikan untuk mematikan listrik dan gas sebelum pergi mudik. Hal ini karena korsleting listrik seringkali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah.

Cabut semua colokan yang masih terpasang di stop kontak serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

4. Jangan Terlihat Kosong

Rumah yang terlihat kosong dapat menarik perhatian para pencuri, sehingga kamu perlu mengecoh orang-orang jahat yang mengincar rumah kosong. Satu yang bisa kamu lakukan adalah memasang lampu yang bisa diatur kapan waktu harus menyala dan mati.

Selain itu, kamu juga bisa menaruh sandal atau sepatumu di depan rumah agar terlihat seperti ada orang di dalam rumah.

5. Lapor RT atau Petugas Keamanan

Bila kamu akan meninggalkan rumah saat mudik lebaran dalam beberapa waktu, pastikan kamu memberi tahu satpam di komplek tempat kamu tinggal. Dengan begitu, satpam tersebut bisa membantu dengan lebih mengawasi rumah kamu setiap harinya selama kamu mudik.

Selain itu, laporkan juga pada RT setempat bahwa rumahmu kosong, jadi jika ada sesuatu yang terjadi dengan rumahmu, bisa segera ditindaklanjuti.

6. Pasang Alarm Tambahan

Untuk keamanan rumah lebih baik lagi, sebaiknya kamu juga memasang keamanan ekstra dengan memasang alarm tambahan. Kamu juga bisa memakai gembok beralarm untuk pagar rumah.

Dengan begitu, alarm akan berbunyi dengan nyaring saat rumahmu dimasuki secara paksa. Sehingga, tetangga dan petugas keamanan bisa langsung bertindak saat mendengar bunyi alarm tersebut.

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini