Ekonomi Indonesia Tumbuh Hingga 5 Persen di Triwulan III-2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ekonomi Indonesia diprediksi bakal tumbuh dalam rentang 4 sampai 5 persen di triwulan III-2021. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Riset Center Of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang membantu pertumbuhan ekonomi di kisaran tersebut. Faktor pertama, menurut dia, yaitu masih adanya low base effect atau rendahnya pertumbuhan di triwulan III-2020, yakni 5,32 persen.

Dengan pencapaian yang terkontraksi tersebut maka sedikit saja kenaikan ekonomi pada tahun 2021 akan membuat pertumbuhan yang positif.

Sedangkan, faktor yang kedua adalah pelonggaran pembatasan bertahap yang dilakukan pemerintah meskipun terjadi gelombang kedua covid-19.

“Kebijakan tersebut memberikan ruang bagi ekonomi untuk tumbuh. Pada September 2021, banyak aktivitas ekonomi yang sudah diizinkan beroperasi, termasuk mall dan restoran,” katanya.

Kemudian, sambung dia, faktor ketiga adalah peningkatan ekspor yang cukup signifikan karena adanya kenaikan harga komoditas sehingga menyebabkan surplus perdagangan yang besar dan membantu pertumbuhan ekonomi.

Seluruh faktor tersebut pun menyebabkan konsumsi rumah tangga yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi mulai terakselerasi.

Dirinya memperkirakan salah satu komponen perekonomian yaitu Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi di triwulan III-2021 masih akan terdampak adanya gelombang kedua pandemi dan mulai membaik pada bulan September 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini