Edan Ya! Total Belanja Pemain di LaLiga Tembus Rp 16,3 Triliun

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Klub-klub di LaLiga seakan punya duit yang tak ada habis-habisnya. Bayangkan, pada bursa transfer musim panas ini, tercatat total 1,03 miliar euro atau Rp 16,3 triliun sudah dihabiskan klub-klub Liga Spanyol untuk belanjar pemain.

Mengutip Marca, dari jumlah tersebut, rekor termahal transfer musim panas di LaLiga kali ini dipegang Antoine Griezmann dengan mahar 120 juta euro dari Atletico Madrid menuju Barcelona.

Sebelum Griezman, ada nama Joao Felix yang diangkut Atletico Madrid dari Benfica dengan mahar 120 juta euro. Juga Eden Hazard dari Chelsea menuju Real Madrid dengan nilai transfer 100 juta euro.

Sepanjang transfer musim panas kali ini, ada 238 pembelian pemain yang terjadi di LaLiga. Sebanyak 20 klub kasta teratas Liga Spanyol sudah membelanjakan 1,03 miliar euro.

Lagi dan lagi, Real Madrid menjadi klub paling boros, dengan jumlah belanja sekitar 300 juta euro. Selain Hazard, Madrid juga mendatangkan pemain mahal lainnya seperti Luka Jovic, Eder Militao, Ferland Mendy, dan Rodrygo.

Lalu, Barcelona ada di peringkat kedua dengan jumlah belanja 233 juta euro. Pembelian mahal kedua Los Cule saat mendatangkan Frenkie de Jong. Dia ditebus dengan nilai transfer 75 juta euro.

Kemudian, Atletico menempati peringkat ketiga. Total belanja mereka sudah menembus 196,5 juta euro. Pembelian termahal kedua mereka Marcos Llorente, yang ditebus dari Real Madrid dengan bayaran 30 juta euro.

Dengan jumlah belanja itu, LaLiga unggul jauh dibandingkan lima liga besar Eropa. Premier League ada di posisi kedua dengan jumlah belanja 675 juta euro, menyusul kemudian Serie A yang sudah membelanjakan 674 juta euro, lalu Bundesliga dengan jumlah belanja 530 juta euro, terakhir Liga Prancis dengan total belanja sejauh ini 226 juta euro.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini