Ancam Iran, Inggris Kerahkan Kapal Perang Kedua ke Teluk Persia

Baca Juga

MATAINDONESIA, LONDON – Ketegangan antara Inggris dengan Iran sudah sampai pada level yang mengkhawatirkan. Dilaporkan saat ini Inggris telah mengerahkan kapal perang keduanya di kawasan Teluk Persia, termasuk meningkatkan level siaga di wilayah tersebut.

Mengutip AFP, Sabtu 13 Juli 2019, pengerahan kapal perang kedua ini dilakukan setelah Iran dituduh telah melakukan ancaman terhadap sebuah kapal supertanker milik Inggris, beberapa hari lalu.

Sumber dari dalam pemerintah Inggris menyebut, pengerahan kapal perang HMS Duncan itu sudah direncanakan sebelumnya untuk memastikan Angkatan Laut Inggris mengamankan rute pengiriman minyak terpenting di dunia tersebut.

Sebelumnya, Inggris mengerahkan kapal perang HMS Montrose dengan misi yang sama. Namun, HMS Montrose telah ditarik dari tugasnya untuk menjalani pemeliharaan, lalu diganti dengan HMS Duncan yang tak kalah canggih.

Sebelumnya, Rabu 10 Juli 2019 lalu Inggris mengklaim bahwa HMS Montrose telah mengusir tiga kapal bersenjata Iran yang disebut melakukan penghalauan kapal supertanker minyak. Meskipun, klaim tersebut belum terbukti kebenarannya.

Menurut sejumlah laporan media yang mengutip para pejabat Amerika Serikat, kapal tanker Inggris itu diminta berhenti di wilayah perairan di dekat Iran, namun kapal-kapal itu kemudian mundur setelah ada peringatan dari kapal perang Inggris.

Sayangnya, pemerintah Iran membantah adanya insiden itu dan menyebut Inggris telah merekayasa kejadian tersebut untuk menyudutkan Iran di tengah memanasnya hubungan dengan Amerika Serikat.

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini