Dukung Keanekaragaman Hayati, Konsep Nagara Rimba Nusa untuk IKN Perlu Diperkuat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Konsep Nagara Rimba Nusa memenangi sayembara desain kawasan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia. Melalui konsep ini, tata kelola kawasan pusat pemerintahan baru itu akan menghadirkan gedung-gedung pusat pemerintah yang berdampingan dengan keanekaragaman hayati Kalimantan Timur.

Pengamat tata kota Nirwono Yoga menegaskan jika konsep ini harus diperkuat dengan tetap menjamin jika pembangunan di lokasi tersebut tidak mengganggu konservasi hutan serta flora dan fauna.

“Komitmen ada di semangat konservasi hutan, jika pembangunannya semakin sedikit, habitat dari fauna dan flora bisa terjamin,” kata Nirwono Yoga kepada Mata Indonesia News, Sabtu 5 Februari 2022.

Sebelumnya perwaklan tim pemenang sayembara gagasan desain kawasan IKN, Sofian Sibaran menilai jika konsep tersebut merupakan perpaduan antara identitas nusa bangsa dan rimba yang dimiliki Indonesia.

“Setelah sebulan berusaha, desain kami terinspirasi dari hutan. Kami memadukan identitas nusa bangsa dan rimba yang dimiliki Indonesia dalam konsep Nagara Rimba Nusa,” kata Sofian Sibaran.

Adapun konsep itu, bangunannya didesain berdekatan dengan lokasi di bekas perkebunan yang memiliki ketinggian 10 meter di atas permukaan air. Tujuannya menghindari potensi banjir dan tidak mengganggu serapan air.

Selain itu, antar gedung dan kawasan berdekatan sehingga mempermudah akses dan mobilisasi. Rancangannya juga mengadaptasi prinsip biomimikri atau bangunan yang beradaptasi dengan karakteristik hutan dan menghadap perairan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini