DPR Dorong Anak Muda Terlibat Transisi Energi di G20

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gelaran Presidensi G20 yang diemban Indonesia pada tahun 2022 ini akan melibatkan banyak anak muda.

Komisi VII Bidang Energi, Riset dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), mendorong anak-anak muda ini untuk turut serta meningkatkan animo masyarakat. ”Kami sangat mendorong keterlibatan anak-anak muda untuk berperan aktif di G20 ini,” kata Kaukus Ekonomi Hijau DPR RI, Diah Roro Esti, dalam sesi diskusi acara peluncuran Transisi Energi G20 “Mencapai Kesepakatan Global Percepatan Transisi Energi”, Kamis 10 Februari 2022.

Diah mengungkapkan, saat ini 30 persen dari total emisi karbon di Indonesia itu datang dari sektor energi. Maka upaya kolaborasi pemerintah dan juga legislator dalam hal itu sangat penting, guna merancang sebuah undang-undang yang nantinya bisa mendukung transisi energi itu.

Dalam kebijakan energi nasional target 23 persen energi baru terbarukan (EBT) pada 2025 harus tercapai. Meski ternyata baru 2,5 persen dari total potensi energi baru terbarukan (EBT) yang ada di Indonesia baru terealisasikan.

Hal tersebut tentu memerlukan kerja sama antara lintas sektoral, untuk mewujudkan target transisi energi ke EBT.

Menurutnya, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu perlu adanya dukungan dari legislatif bahkan dukungan dari anak muda. Mengingat, peran anak muda itu cukup penting sebagai perwakilan generasi mendatang dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

Komisi VII DPR, katanya, akan selalu berpihak untuk mendorong transisi energi khusus EBT. Serta situasi harga energi yang harus lebih kompetitif.

Dengan semangat G20, pihaknya berharap bantuan dari dunia internasional itu juga bisa optimal. Hal ini  mengingat mayoritas anggota G20 sudah lebih maju dari segi teknologi informasi maupun EBT.

Optimalisasi itu misalnya bagaimana Indonesia bisa mendapatkan transfer of knowledge, lalu kemudian bagaimana G20 juga bisa ikut serta dalam membantu negara-negara berkembang seperti Indonesia dari segi keuangan dan teknologi informasi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini