Dorong Kegiatan Padat Karya Tenaga Lokal Lewat Budidaya Udang Vaname

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Program budidaya udang vaname di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat lokal disana.

Hal itu dibuktikan hasil panen udang vaname sebanyak 32.5 ton yang dilakukan Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP).

Semenjak tambak udang vaname diresmikan, terhitung sudah berhasil memanen udang vaname sebanyak tiga kali, dengan hasil rata-rata 30 ton lebih dalam sekali panen.

Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu, produktivitas tambak udang vaname di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur memang cukup baik.

Tambak itu mulai beroperasi akhir 2020. Sejak produksi pertama total panen di tambak udang vaname di Cidaun memang cukup baik dengan menghasilkan total panen kurang lebih 32 ton.

Menurut Tebe, yang menjadi tolok ukur produktivitas budidaya udang vaname bukan hanya kuantitas udang yang dihasilkan, tapi juga keberlanjutan produksi udang melalui tambak yang sudah dibangun.

Seperti diketahui, klaster tambak udang di Cidaun, dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang sebelumnya menekuni kegiatan bercocok tanam. Lahan tambak dulunya merupakan area pertanian palawija yang sudah tidak berproduksi.

Sementara itu, Kepala Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, M. Tahang mengatakan, program Klaster Tambak Udang Vaname di Kecamatan Cidaun, Cianjur, berhasil mendorong kegiatan padat karya pemberdayaan tenaga lokal.

“Dari hasil panen siklus pertama menunjukan tren yang positif. Karena, adanya Klaster Tambak Udang Vaname ini telah berhasil memberdayakan tenaga lokal di daerah Cidaun, dan ini sangat bagus guna meningkatkan pendapatan warga sekitar,” kata Tahang.

Tahang menjelaskan Klaster Tambak Udang Vaname tersebut merupakan kerja sama dengan pihak Perhutani yang dikelola oleh LMDH. Menurutnya lahan tambak tersebut sangat potensial untuk dioptimalkan guna pengembangan usaha budidaya udang vaname berkelanjutan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini