Dokumen Penting Rusak Akibat Air Banjir? Jangan Khawatir ANRI Bisa Perbaiki, Begini Syaratnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selain rumah akan menjadi kotor, banjir yang melanda di sejumlah wilayah Jabodetabek sejak Rabu, 1 Januari 2020 lalu menyebabkan sejumlah warga kehilangan harta benda termasuk surat-surat penting yang rusak terkena banjir.

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) siap membantu masyarakat untuk memperbaiki dokumen yang rusak. Arsip dokumen yang dapat diperbaiki yakni Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP, Sertifikat Tanah, Ijazah, dan lain-lain yang harus memiliki bukti fisiknya dan belum dilaminating.

Kasudit Restorasi Arsip ANRI Anak Agung Gede Sumardika, mengatakan untuk arsip yang hilang masyarakat harus menghubungi lembaga yang menerbitkan arsip tersebut. Sedangkan, ANRI hanya memperbaiki arsip yang masih memiliki bukti fisik meskipun rusak.

“Kalau hilang atau terbawa air itu silakan menghubungi atau mengurus ke lembaga yang menerbitkan. Kalau di ANRI kami tugasnya hanya merawat fisik. Bukan informasinya apalagi menerbitkan itu bukan wewenang lembaga kami,” jelas Agung.

Agung menuturkan, pihaknya melalui Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska) bisa melayani arsip. Syaratnya, pemilik arsip harus datang membawa arsip yang rusak ke ANRI setiap hari kerja. Maksimal arsip yang diperbaiki sebanyak 10 lembar dan harus arsip asli. “Iya, arsip asli atau yang dianggap asli oleh yang bersangkutan. Kalau yang bersangkutan punyanya fotocopy, ya itu dianggap asli silakan saja,” ucap Agung.

Layanan ini dapat digunakan masyarakat sepanjang tahun 2020, tanpa batasan waktu pengurusan dengan mendatangi Gedung ANRI, Jl Ampera Raya Nomor 7, Cilandak, Jakarta Selatan mulai tanggal 2 Januari 2020 dari puku 07.30 sampai 15.30 WIB.

Selain itu dihimbau untuk warga agar tidak menjemur arsip yang terkena banjir dengan panas matahari langsung. Karena, sinar matahari dapat mempercepat kerusakan arsip, cukup dianginkan saja dengan kipas angin dan bagian yang kotor cukup diusap dengan kuas halus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Gubernur DIY dorong Kabupaten/Kota Berkomitmen Mengurangi Kemiskinan

Mata Indonesia, Sleman - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melaksanakan syawalan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (1/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini