Dokter: OTG Covid19 yang Sudah Sembuh Jangan Distigma Negatif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Stigma negatif kepada mereka yang pernah terinfeksi Covid19 harus dihilangkan dari benak masyarakat Indonesia. Salah satunya terhadap orang tanpa gejala atau gejala ringan yang sudah sembuh.

“Stop stigma negatif! Sebagian besar orang yang tanpa gejala atau gejala ringan tidak membutuhkan test ulang dan risiko untuk menularkan udah kecil banget,” demikian pernyataan ahli penyakit dalam dari RSUD Dr. Soetomo, dr Decsa Medika yang diterima Mata Indonesia News, Senin 15 Februari 2021.

Menurut Decsa, hal itu juga menjadi dasar CDC (pusat pengendalian dan pencegahan penyakit) Amerika Serikat, WHO bahkan Kementerian Kesehatan.

Jadi, jika teman kerja atau tetangga Kamu sudah dinyatakan sembuh oleh dokter tanpa harus tes ulang, kita tidak perlu khawatir berlebihan.

Menurut Decsa, secara klinis risiko penularan dari orang itu kepada lingkungannya memang sudah kecil.

Jadi, kita semua juga harus menghentikan pemberian stigma negatif kepada mereka yang tanpa gejala atau bergejala ringan dan dinyatakan sembuh oleh dokter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini