Dinaikkan Jadi Waspada, Masyarakat Dilarang Masuki Kawasan Puncak Gunung Ruang

Baca Juga

MATA INDONESIA, KEPULAUAN SITARO – Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara menjadi waspada sehingga masyarakat dan wisatawan dilarang memasuki wilayah itu.

“Pada area di radius 1,5 kilometer dari puncak gunung dan sektoral 2,5 kilometer pada sektor timur, tenggara, selatan dan barat daya,” ujar Sub Koordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbabana, Sabtu 16 April 2022.

Selain itu masyarakat diimbau selalu mengenakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari menghirup abu vulkanik.

Namun, masyarakat diimbau tidak panik dan terpancing isu-isu yang tidak bertanggung jawab serta selalu mengikuti arahan pemerintah setempat.

Pemerintah Kabupaten Sitaro (Siau Tagulandang Biaro) sudah berkoordinasi dengan PVMBG untuk menginformasikan perihal aktivitas gunung itu.

Menurut catatan sejarah letusan Gunung Ruang berasal dari erupsi eksplosif disertai lontaran material piroklastik ke berbagai arah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini