Didampingi Ibunya, Windy Cantika Aisah Meraih Medali Pertama Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYO – Kabar bahagia itu datang dari Tokyo, Sabtu siang 24 Juli 2021. Salah satu wakil Indonesia untuk cabang angkat berat di Olimpiade Tokyo 2020, adalah Windy Cantika Aisah yang turun di kelas 49 kg putri berhasil meraih medali perunggu. Ini adalah medali pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021.

Indonesia mengirimkan lima atlet cabang angkat besi untuk bertanding dalam lima kategori berbeda di ajang Olimpiade 2020. Windy Cantika sukses meraih medali perunggu berkat total angkatan 194 kg pada babak final. Total angkatan milik Windy dibukukan melalui usaha angkatan snatch 84 kg serta upaya clean jerk seberat 110 kg.

Catatan tersebut lebih baik dibandingkan upaya total angkatan 181 kg milik atlet angkat berat atau lifter asal Taiwan, Fang Wan-ling, yang menempati posisi keempat.

Berkat catatan itu, Windy Cantika menorehkan jumlah angkatan terbaik sepanjang kariernya yang tercatat di laman resmi Federasi Angkat Berat Internasional (IWF).

Raihan total angkatan Windy pada Olimpiade Tokyo 2021, melebihi catatan total 191 kg yang sebelumnya dibukukan pada Kejuaraan Dunia Junior Angkat Berat 2021 di Tashkent, Uzbekistan.  Ketika itu, Windy sukses memperoleh medali emas di nomor 49 kg putri mengalahkan pesaingnya asal Romania dan Rusia.

Dengan rekor angkatan yang sama, Windy Cantika juga memegang catatan angkatan terbaik di kelas 49 kg putri bagi Indonesia sejak Olimpiade Helsinki 1952.

Prestasi seorang Windy Cantika di ajang Olimpiade Tokyo 2021, menambah daftar prestasinya selain medali emas pada ajang SEA Games 2019 di nomor serupa.

Mengutip laman Federasi Angkat Berat Asia (AWF), Windy Cantika Aisah juga memperoleh penghargaan sebagai atlet putri terbaik di Kejuaraan Junior Angkat Berat Asia 2020.  Windy akrab dengan cabang olahraga angkat besi, mengingat sang ibu, Siti Aisyah seorang lifter yang tercatat meraih medali perunggu pada Kejuaraan Dunia 1998.

Seperti dilansir dari laman resmi Olimpiade, pengaruh serta pendampingan Siti Aisyah sang ibu yang mengantarkan Windy Cantika menjadi lifter di kelas 49 kg.

Perolehan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 ini, juga menjadi bekal berharga bagi Windy untuk turun di kategori 49 kg putri pada Asian Games Guangzhou 2022 mendatang.

Kiprah Windy sebagai atlet angkat besi terbilang gemilang. Meski usianya masih belasan, deretan prestasi sukses diraih dalam beberapa turnamen kualifikasi yang digelar sejak 2019.

Turnamen pertama Windy yang masuk dalam perhitungan poin kualifikasi adalah Asian Championships di China pada April 2019. Ia mencatatkan angkatan total 177kg dari snatch 80 kg dan clean and jerk 97 kg.

Windy mempertajam catatan tersebut pada ajang IWF Junior World Championship di Fiji pada Juni 2019 dengan total angkatan 179 kg, snatch 81 kg dan clean and jerk 98 kg.

Biodata Singkat Windy Aisah

  • Nama Lengkap: Windy Cantika Aisah
  • Tempat/Tanggal Lahir: Bandung, Indonesia/11 Juni 2002
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Kategori Lomba: 49 kg Putri
  • Rekor Angkatan Total: 194 kg (Olimpiade Tokyo 2020)
  • Prestasi: Medali perunggu kelas 49 kg putri Olimpiade Tokyo 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini