Diam-Diam, Ridwan Kamil Berrencana Pindahkan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Bandung Tetap Ibu Kota

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANDUNG – Bukan cuma Jakarta, Gubernur Ridwan Kamil juga berencana memindahkan pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat dengan pusat ekonomi di Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Namun, Kang Emil, begitu Ridwan Kamil biasa dipanggil, menegaskan bahwa yang akan dilakukannya bukan pemindahan ibu kota.

Dia menyatakan ibu kota Jawa Barat tetap Bandung, tetapi pusat pemerintahannya diwacanakan berkumpul di salah satu dari tiga wilayah potensial ini, yaitu Tegalluar, Walini dan Kertajati.

“Bukan pemindahan ibu kota, tetapi wacana penyatuan pusat pemerintahan. Jadi jangan pakai sebutan ibu kota, itu jelas berbeda,” ujar Emil di Gedung Sate, Sabtu 15 Oktober 2022.

Tegalluar disebut Emil sebagai wilayah paling potensial karena sebagai tempat pemberhentian akhir Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Kawasan itu, seperti dilansir Antaranews, juga merupakan simpul beberapa ruas jalan tol dan pusat ekonomi lainnya.

Konsep yang mau diusung menurut Emil seperti Malaysia yang memindahkan pusat pemerintahan ke Putra Jaya, sedangkan ibu kota negara tetap Kuala Lumpur.

Presiden Jokowi, menurutnya, juga pernah menanyakan proyek tersebut, namun Emil menegaskan masih perlu dimusyawarahkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini