Dewan Pers Serahkan Daftar Inventarisasi Masalah RKUHP ke DPR

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, di Gedung DPR, Senin 8 Agustus 2022 mengadakan pertemuan dengan Dewan Pers.

Dewan Pers menyerahkan daftar inventarisasi masalah atau DIM Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Dalam pertemuan itu, Fraksi PDIP dipimpin politisi senior Ichsan Soelistio yang juga menjadi Panitia Kerja RKUHP didampingi Johan Budi SP, Safarudin, dan Gilang Dhielafararez. Sedangkan dari Dewan Pers dipimpin Prof Azyumardi Azra didampingi Ketua Komisi Hukum Arif Zulkifli, bersama Anggota Dewan Pers lainnya, Totok Suryanto dan A Sapto Anggoro.

Menurut Johan Budi penyusunan RKUHP ini melalui proses panjang sejak sebelum era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tahun 2019 pembahasan RKUHP terhenti karena ada masalah-masalah dan masukan mengenai pasal-pasal baru.

Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum sudah menerima draf dari Kementerian Hukum dan HAM.

”Usulan masyarakat perlu didengar,” kata Johan.

Hal itu terutama berkaitan dengan revisi pasal. Rencananya RKHUP ini akan disahkan pada masa sidang sebelumnya tapi masukan masyarakat tetap perlu didengar. ”Bagi saya, RKUHP ini akan menjadi handbook of pidana (criminal). Karena itu kalau ada pasal-pasal krusial, masukan itu perlu didengar,” ujar Johan.

Prof Azyumardi Azra pada kesempatan itu menjelaskan bahwa Dewan Pers sudah lama memberikan usulan perbaikan. Saat ketua DPR masih dipimpin oleh Bambang Soesatyo. Namun sayangnya Dewan Pers tidak pernah diajak dialog langsung.

“Dewan Pers hanya concern tentang kebebasan pers,” kata Azra.

Untuk itu, Dewan Pers menawarkan DIM ini, agar tidak ada kesan membiarkan delik kriminalisasi terhadap pers.

“Kami yakin bahwa kebebasan berekspresi sangat berkaitan dengan demokrasi. Kalau RKUHP ini dipaksakan, saya khawatir demokrasi jadi mundur,” kata Azra.

Azra menyatakan bahwa Dewan Pers tak menolak RKUHP, tapi membatasi pembahasan yang berkaitan soal pers.

“Makanya kita siapkan hal-hal dalam DIM yang diatur UU 40/99 tentang Pers,” ujar Azra.

Dewan Pers mengkritisi draf Pasal 219 soal penghinaan pada presiden. Azra mencontohkan, ada sapi yang digiring ditulis nama presiden. Menurut Ichsan, perlu dikenai pidana. Akan tetapi, kalau ada wartawan menulis kejadian itu sebagai kerja jurnalistik, maka hal tersebut termasuk dalam perkecualian.

Soal Pasal 263 mengenai berita bohong bisa dipidana, menurut Ichsan, secara prinsip sama dengan pendapat Dewan Pers. Pihak-pihak yang membuat laporan melalui medsos harus bertanggung jawab. Pengecualian untuk media yang terdaftar di Dewan Pers atau wartawan yang sudah bersertifikasi.

“Hal ini akan dipertegas. Kita akan perbaiki dan pertajam pasal-pasalnya,” ujarnya.

“Saya sudah baca DIM dari Dewan Pers. Ini bagus, enak, bisa diterjemahkan dengan mudah, memiliki kepastian hukum tidak multitafsir,” kata Ichsan yang juga dibenarkan oleh Johan Budi.

Nah, dalam soal kerja jurnalistik ini, menurut Johan perlu diperjelas mengenai kerja jurnalistik. Setelah berdiskusi dan disepakati oleh Dewan Pers dan Fraksi PDIP, yang dimaksud kerja jurnalistik adalah wartawanatau jurnalis yang melakukan pekerjaan sesuai dengan yang diatur dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, beserta turunannya, yakni Kode Etik Jurnalistik dan medianya terdaftar di Dewan Pers. Ini karena DP adalah lembaga yang mendapat amanah menjalankan UU Pers.

Dengan reformulasi mengenai kerja-kerja jurnalistik ini, baik Fraksi PDIP dan Dewan Pers menilai terobosan tersebut menarik. Johan mengingatkan, karena mepetnya waktu, ia minta perbaikan DIM dari DP sebelum 16 Agustus 2022.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Johan Budi atas nama Fraksi PDIP di Komisi III mengatakan berterima kasih telah mendapat masukan dari Dewan Pers. Ia mengingatkan bahwa di Komisi III DPR yang membahas hukum ada 9 komisi, Fraksi PDIP adalah salah satunya.

Ia berharap pembaruan DIM sudah masuk sebelum tanggal 16 Agustus.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini