Detik-detik Politisi Nasdem Serahkan Uang untuk Pasok Senjata KSTP Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Oknum politisi Nasional Demokrat (Nasdem) yang kini menjabat Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Arsony Wanimbo atau Sonny Wanimbo diduga ikut terlibat memasok senjata untuk Kelompok Separatis dan Teroris Papua (KSTP). Ia dikabarkan memberikan uang senilai Rp 370 juta kepada pemasok senjata KTSP, Neson Murib.

Uang tersebut diberikan oleh Sonny Wanimbo pada pertengahan April 2021 lalu di Hotel Metta Star Waena, Kota Jayapura. Sonny diduga merupakan teman kuliah Neson Murib di salah satu universitas di wilayah Denpasar, Bali.

Kala itu, Sonny Wanimbo merupakan Ketua Ikatan Mahasiswa Pegunungan Se-Jawa dan Bali. Dia pun aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi dan kongres kemahasiswaan di pegunungan.

Menurut Kepala Satgas Humas Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudusy, keterlibatan SAW terungkap setelah Ratius Murib ditangkap di Kabupaten Puncak Jaya pada Senin 13 Juni 2021.

Dari pemeriksaan terhadap Ratius Murib, terungkap beberapa hal yang mengarah pada keterlibatan politisi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya membantu KKB Papua pimpinan Lekagak Telenggen.

“Kami masih lakukan penyidikan terkait bukti transaksi yang ditemukan, termasuk benar atau tidaknya aliran dana ke Lekagak Telenggen,” katanya, Rabu 16 Juni 2021.

Selain uang tunai, polisi juga menemukan catatan bantuan Pemkab Puncak Jaya sebesar Rp 600 juta untuk pimpinan KKB, Lekagak Telenggen, pada 6 Februari 2021.

Tak hanya itu, dalam buku catatan yang dibawa Ratius Murib tersebut, terungkap ada penolakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

“Semua nama yang ada bukti transfer tersebut pasti akan dipanggil penyidik,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini