Demo di Gedung Sate, GRJB Dukung Revisi UU KPK

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Revisi Undang-undang (RUU) KPK menuai pro kontra di mana beberapa kalangan menilai dengan disahkannya penguatan aturan itu malah akan melemahkan lembaga antirasuah tersebut.

Namun, tak sedikit yang juga mendukung RUU tersebut. Salah satunya datang dari massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Jawa Barat (GRJB) yang menilai langkah revisi itu untuk mengoptimalkan porsi pencegahan tindakan korupsi.

Bentuk dukungan itu, dilakukan dengan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin 9 September 2019. Dalam aksinya, mereka membawa poter berisi sejumlah sikap. Di antaranya ‘Rivisi UU KPK cegah makelar kasus’, ‘Revisi UU KPK untuk KPK yang lebih tegas dan berintegritas’ dan ‘Jangan takut dengan revisi UU KPK’.

“Saat ini adalah bagaimana tindakan pencegahan porsinya dibesarkan. Dengan pencegahan inilah korupsi akan bisa hilang. Korupsi dari kecil terus tumbuh harus ada pencegahan di sana,” kata koordinator aksi Sukamto.

Kendati demikian, mengenai lemah atau tidaknya fungsi dari KPK tersebut tergantung dengan kontrol masyarakat. “Kalau masyarakat kontrol mau buruk regulasinya akan jadi kuat. Di sini kuncinya adalah kontrol masyarakat,” katanya.

Pada aksi ini, terdapat enam poin pernyataan sikap dari Gerakan Masyarakat Jabar yaitu:

  1. Mendukung penuh RUU KPK untuk yang lebih baik dan tegas berintegritas dan profesional dalam pemberantasan korupsi. Revisi UU KPK bukan untuk melemahkan justru menguatkan KPK.
  2. KPK wajib awasi agar penyidik tidak liar. KPK harus independen jangan bermain politik praktis.
  3. KPK bukan LSM, KPK bukan malaikat. KPK jangan kebal hukum. Revisi UU KPK mengakomodir semangat pencegahan, koordinasi dan kerja sama antar lembaga penegak hukum tindak pidana korupsi.
  4. Mendukung penuh kinerja Pansel KPK untuk KPK yang lebih baik. Maka jangan intervensi Pansel KPK. Pansel KPK jangan takut ancaman dari luar.
  5. KPK harus benar-benar diperbaiki melalui seleksi capim KPK. Aparat penegak hukum agar mengusut tuntas pihak-pihak yang memfitnah Pansel KPK dengan isu yang mengada-ngada.
  6. Pansel harus memilih capim KPK yang berani agar dapat menjadi tumpuan masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.
Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini