Demi Hidupkan Bandara Kertajati, Pengerjaan Tol Cisumdawu Dipercepat

Baca Juga

MINEWS.ID, SUMEDANG – Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61 Km dikebut pengerjaannya sehingga akan selesai akhir 2020. Hal itu dilakukan demi mendukung operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Berdasarkan kontrak, Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan selesai tahun 2021, tetapi dengan percepatan operasional BIJB Kertajati maka jalan tol ini sangat ditunggu kehadirannya karena signifikan sekali manfaatnya untuk meningkatkan pergerakan lalu lintas menuju Bandara,” kata Menteri Basuki saat meninjau lokasi pembangunan tunnel atau terowongan Jalan Tol Cisumdawu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jalan Tol yang terdiri dari enam seksi tersebut akan menghubungkan Cileunyi hingga Kertajati dan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang sudah mulai beroperasi.

Dari keenam seksi ruas tol tersebut, baru seksi 1-3 ruas Cileunyi-Cimalaka (33 km) yang akan selesai akhir tahun ini.

Jika ruas Jalan Tol Cisumdawu sudah beroperasi ditambah jalan provinsi sebagai penghubung sepanjang 74 kilometer akan dapat memangkas waktu tempuh Bandung – BIJB Kertajati dibandingkan melalui jalan nasional Bandung-Jatibarang yang sepanjang 202 km.

Selain itu beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu juga sangat diharapkan akan memperlancar konektivitas antara Jawa Barat bagian Selatan menuju Utara karena menghubungkan dua Tol yang telah beroperasi yakni Tol Purbaleunyi dengan jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali).

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini