Curah Hujan di Atas Normal Bakal Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagian besar atau 70 persen wilayah Indonesia menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas di atas normal.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati daerah itu ada di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

“Dengan kenaikan rata-rata curah hujan pada kisaran. Ini sangat perlu diwaspadai kenaikan curah hujan mencapai 91 persen hingga 300 persen,” ujar Dwikorita, Senin 10 Oktober 2022.

Dwikorita menyebut secara umum curah hujan di wilayah Indonesia berada pada kategori menengah hingga tinggi.

Padahal, menurut Dwikorita, saat curah hujan di atas normal tersebut belum mencapai puncak musim hujan.

Wilayah selatan Pulau Sumatera serta Kepulauan Riau kemungkinan besar mengalami kenaikan curah hujan rata-rata antara 21 hingga 100 persen.

Sedangkan, di bagian tengah dan selatan Indonesia seperti Pulau Kalimantan kenaikan rata-rata sebesar 11 persen hingga 138 persen dari normalnya.

Maka, masyarakat dan pemerintah harus bersiap diri agar banjir yang akan datang bisa diantisipasi dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini