Covid19 Membuat Perokok Menderita Sakit Berat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perokok kemungkinan besar menderita Covid19 yang lebih parah dibandingkan nonperokok.

Hal itu merupakan hasil penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 29 April 2021 seperti diungkapkan ahli penyakit dalam dr. Pandang Tedi Adriyanto dari Universitas Gajah Mada, Minggu 30 Mei 2021.

Dia menjelaskan, saat merokok organ yang pertama terkontaminasi asap rokok dalam tubuh adalah saluran pernapasan dan paru-paru.

Asap rokok dengan senyawa aktif, senyawa tar, dan nikotin akan mengalami reaksi yang bermula dari masuknya asap itu ke dalam alveolus paru dan memberi pengaruh negatif pada organ tersebut.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Data Riset Kesehatan (Riskesdas) menyatakan terdapat peningkatan prevalensi merokok penduduk umur 10 tahun dari 28,8 persen pada tahun 2013 menjadi 29,3 persen pada 2018.

Kenaikan prevalensi merokok juga mengalami kenaikan pada penduduk dengan usia 10-18 tahun dari 7,2 persen pada 2013 menjadi 9,1 persen pada 2018.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini