Cina Kian Mengancam, Pasukan Khusus AS Latih Militer Taiwan

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) diam-diam mengerahkan pasukan operasi khusus dan marinirnya untuk melatih militer Taiwan. Latihan ini ternyata telah berlangsung selama setahun.

Melansir The Wall Street Journal, langkah ini ditempuh lantaran Cina menjadi semakin agresif dengan klaim teritorialnya di pulau tersebut.

Beberapa lusin operator khusus dan pasukan pendukung melatih unit kecil pasukan darat Taiwan. Sementara kontingen Marinir bekerja dengan pasukan maritim lokal dalam pelatihan perahu kecil, menurut laporan itu, yang mengutip pejabat AS yang enggan menyebutkan namanya.

Laporan berita itu muncul di tengah rekor jumlah penerbangan militer Cina di sekitar pulau itu. Tentara Pembebasan Rakyat melakukan total 149 penerbangan militer selama empat hari terakhir, termasuk 56 penerbangan pada Senin (4/10), The Associated Press melaporkan.

Latihan ini juga terjadi pada saat meningkatnya ketegangan antara AS-Cina atas berbagai masalah mulai dari perdagangan, hak asasi manusia, hingga Covid-19. Dan tentu saja latihan militer ini akan semakin memantik kemarahan Beijing.

Dalam sebuah pernyataan kepada Journal, Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kedaulatan dan integritas teritorialnya.

“Saya tidak memiliki komentar tentang operasi, keterlibatan, atau pelatihan tertentu, tetapi saya ingin menyoroti bahwa dukungan kami dan hubungan pertahanan dengan Taiwan tetap selaras dengan ancaman saat ini yang ditimbulkan oleh Republik Rakyat Cina,” juru bicara John Supple tulis dalam pernyataan email, melansir Military.com, Jumat, 8 Oktober 2021.

Supple mengatakan AS mendesak resolusi damai untuk ketegangan atas Taiwan – sebuah pulau demokrasi di lepas pantai daratan Cina yang menandatangani pakta pertahanan bersama dengan AS tahun 1954. Sementara Beijing menganggapnya sebagai provinsi yang memisahkan diri dan semakin menegaskan klaim atas Taiwan.

Di bawah kebijakan puluhan tahun, AS mempertahankan ambiguitas strategis terhadap Taiwan, yang berarti Washington tidak secara eksplisit mengatakan akan datang ke pertahanan pulau itu dalam konflik dengan Cina.

Kebijakan tersebut dirancang untuk menghindari memprovokasi Beijing sementara juga tidak membuat Taiwan secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan, sebuah langkah yang dapat mengarah pada invasi Cina.

Sebagai bagian dari kebijakan Satu Cina, AS tidak secara resmi memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan. Tetapi hubungan AS dengan Kota Taipei, ibu kota Taiwan, telah semakin dalam dalam beberapa tahun terakhir. Di bidang pertahanan, itu sudah termasuk miliaran USD dalam penjualan senjata.

Selama sidang konfirmasi pada Mei, Christopher Maier, asisten Menteri Pertahanan AS untuk operasi khusus, mengatakan kepada para senator bahwa dia yakin Taiwan dapat memperoleh manfaat dari pelatihan operasi khusus untuk peperangan tidak teratur, tetapi tidak mengindikasikan bahwa pelatihan semacam itu telah dilakukan.

“Saya pikir itu adalah sesuatu yang harus kita pertimbangkan dengan kuat saat kita memikirkan persaingan di seluruh rentang kemampuan berbeda yang dapat kita terapkan,” kata Maier.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini