Cihuy! WNI Tak Perlu Jalani Karantina ke Inggris, Ini Syarat-syaratnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON Warga Negara Indonesia (WNI) tak perlu lagi menjalani delapan hari karantina ke Inggris. Berikut penjelasan selengkapnya.

Inggris menyatakan Indonesia sudah bebas dari daftar merah mulai 11 Oktober 2021. Artinya, semua WNI yang berkunjung ke Inggris setelah tanggal ini tak perlu lagi menjalani karantina selama delapan hari di hotel yang sudah ditetapkan pemerintah setempat.

Dengan demikian, VFS (Visa Facilitation Services) sudah bisa memproses pengajuan visa kunjungan dari WNI. Ada dua perwakilan VFS di Indonesia, yakni di Jakarta (Kuningan City) dan Bali.

Selain itu, Pemerintah Inggris mengumumkan Indonesia adalah satu dari 37 negara yang status sertifikat vaksinnya diakui. Ini artinya WNI yang sudah punya visa valid bisa masuk ke Inggris dengan status sudah divaksin atau belum.

Inggris hanya menerima beberapa jenis vaksin. Jika WNI ingin mengunjungi Inggris, maka Anda harus memiliki satu rangkaian lengkap dari salah satu vaksin berikut setidaknya 14 hari sebelum Anda tiba di Inggris.

Vaksin yang diterima adalah, Oxford/AstraZeneca (2 dosis), Pfizer BioNTech (2 dosis), Moderna (2 dosis), dan Janssen (1 dosis). Formulasi vaksin berikut ini, seperti AstraZeneca Covishield, AstraZeneca Vaxzevria dan Moderna Takeda, juga memenuhi syarat sebagai vaksin yang disetujui.

Anda diperbolehkan untuk mencampur dosis vaksin di atas yang juga dihitung sebagai vaksin lengkap. Vaksin lain saat ini tidak diakui, jadi mereka yang tidak divaksinasi dengan vaksin yang disetujui Inggris harus mengikuti aturan Non-vaksinasi.

Sertifikat vaksin harus dikeluarkan oleh otoritas kesehatan masyarakat tingkat nasional atau negara bagian menggunakan bahasa Inggris, Prancis, atau Spanyol, dan minimal mencakup nama depan dan nama belakang, tanggal lahir, merek dan produsen vaksin, tanggal vaksinasi untuk setiap dosis negara atau wilayah vaksinasi dan/atau penerbit sertifikat.

Jika Anda memenuhi persyaratan di atas dan dianggap telah divaksinasi lengkap, ini yang harus dipersiapkan sebelum terbang ke Inggris sebagaimana dikutip dari Facebook Brittish Embassy Jakarta:

  1. Pesan dan bayar tes COVID-19 hari ke-2 diambil setelah tiba di Inggris
  2. Lengkapi formulir pencari lokasi penumpang untuk diisi dalam 48 jam sebelum Anda tiba di Inggris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini