Cina Bantu Jadikan Indonesia Hub Pembuatan Vaksin Covid-19 Regional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lima perusahaan vaksin Cina sudah bekerja sama dengan Indonesia untuk membangun hub pembuatan vaksin regional termasuk vaksin Covid-19.

Hal itu diungkapkan Dubes Republik Rakyat Cina untuk Indonesia, Xiao Qian di Jakarta, Jumat 24 September 2021.

“Lima perusahaan vaksin Cina telah bekerja sama dengan Indonesia dalam riset dan pengembangan, pengadaan, serta produksi melalui berbagai teknologi seperti inaktivasi virus, protein rekombinan, adenovirus activator, serta vaksin mRNA. Cina aktif mendukung Indonesia membangun pusat pembuatan vaksin regional,” ujar Xiao.

Xiao sangat yakin dalam waktu dekat, Indonesia tidak hanya bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi juga bisa mengekspor vaksin.

Kerja sama vaksin antara China dan Indonesia sesuai dengan prinsip yang disampaikan Presiden Xi Jinping dalam Sidang ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa “vaksin perlu dijadikan barang publik global” yang aksesibiltas dan keterjangkauannya di negara berkembang harus dipastikan.

Merujuk pada pernyataan tersebut, Dubes Xiao Qian mengatakan bahwa Cina akan menjunjung tinggi visi komunitas kesehatan global untuk semua dan mendukung Indonesia memerangi COVID-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini