Cegah Kebijakan Intoleran, SKB 3 Menteri Dinilai Sudah Tepat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi menegaskan bahwa penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang beragam.

Kehadiran surat tersebut diharapkan bisa mencegah para pengambil kebijakan yang menganggu harmoni kehidupan beragama di masyarakat.

“Sehingga melahirkan sikap keberagaman yang inklusif dan toleran,” kata Zainut, Minggu 7 Februari 2021.

SKB 3 Menteri yang ditetapkan itu berkaitan dengan larangan bagi sekolah negeri membuat aturan yang mewajibkan siswanya mengenakan atribut kekhususan agama. SKB yang ditandantangi Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran kebhinekaan di lingkungan sekolah.

“Terbitnya SKB 3 Menteri sudah sangat sesuai dengan kondisi sosial masyarakat Indonesia yang beragama, plural dan bhineka,” kata Zainut.

Zainut menegaskan bahwa SKB 3 Menteri juga sudah selaras dengan amanat konstitusi sehingga bisa mempertegas kebebasan beragama, baik bagi siswa, guru maupun tenaga pendidik lainnya.

Ia juga menilai masyarakat tidak perlu apriori terhadap penerbitan SKB 3 Menteri ini karena tujuannya untuk melindungi.

“Untuk hal tersebut, hendaknya masyarakat tidak perlu apriori terhadap penerbitan SKB 3 Menteri, karena tujuannya justru untuk melindungi hak asasi siswa, guru dan tenaga kependidikan di sekolah, kata Zainut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini