Cegah Karhutla, BNPB Berhasil Kembangbiakkan Pohon Anti Api

Baca Juga

MINEWS.ID, PANGKALPINANG – Ada cara unik yang sedang diupayakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menghindarkan kita dari bencana kabut asap tahunan gara-gara kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang membagikan pohon tahan api ke daerah rawan bencana tersebut.

Itu adalah pohon laban. Kini BNPB memiliki 10 ribu bibit pohon laban yang siap didistribusikan ke pemerintah daerah rawan tersebut.

Setiap daerah disiapkan satu paket bibit pohon yang berisi 500 batang, tidak boleh lebih dari itu.

“Kalau ada gubernur, bupati, dan wali kota yang berminat, maka silakan ambil bibit pohon laban tersebut,” kata Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo di Pangkalpinang, Minggu 13 Oktober 2019.

Pohon laban memiliki karakteristik yang kuat. Tidak akan hangus karena terbakar karena dia tergolong pohon berkayu keras dan tahan air.

Tumbuhan tersebut sangat cocok dijadikan sekat untuk menghambat meluasnya api saat terjadi karhula.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo memang sengaja mencari dan mengembangbiakkan pohon tersebut agar bisa mencegah meluasnya karhutla karena pohon laban akan menyekatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini