Cegah Karhutla, BNPB Berhasil Kembangbiakkan Pohon Anti Api

Baca Juga

MINEWS.ID, PANGKALPINANG – Ada cara unik yang sedang diupayakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menghindarkan kita dari bencana kabut asap tahunan gara-gara kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang membagikan pohon tahan api ke daerah rawan bencana tersebut.

Itu adalah pohon laban. Kini BNPB memiliki 10 ribu bibit pohon laban yang siap didistribusikan ke pemerintah daerah rawan tersebut.

Setiap daerah disiapkan satu paket bibit pohon yang berisi 500 batang, tidak boleh lebih dari itu.

“Kalau ada gubernur, bupati, dan wali kota yang berminat, maka silakan ambil bibit pohon laban tersebut,” kata Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo di Pangkalpinang, Minggu 13 Oktober 2019.

Pohon laban memiliki karakteristik yang kuat. Tidak akan hangus karena terbakar karena dia tergolong pohon berkayu keras dan tahan air.

Tumbuhan tersebut sangat cocok dijadikan sekat untuk menghambat meluasnya api saat terjadi karhula.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo memang sengaja mencari dan mengembangbiakkan pohon tersebut agar bisa mencegah meluasnya karhutla karena pohon laban akan menyekatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini