Catat, Ramadan Bisa Jadi Game Changer Tekan Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTARamadhan yang segera kita jelang, menurut perhitungan medis bisa menjadi game changer (pengubah situasi — Red) untuk semakin menekan Covid19.

Pesan dari kandidat Ph.D Kobe University, dr. Adam Prabata yang diterima Mata Indonesia News, Selasa 6 April 2021 mengungkapkan manfaat puasa terhadap Pandemi Covid19 saat ini.

“Ramadhan aman karena tidak mempengaruhi kematian akibat Covid19, selain itu bermanfaat karena dapat membuat sistem imun menjadi lebih optimal,” ujar Adam.

Dalam penelitian yang dilakukan di Inggris, terhadap orang yang berpuasa dan tidak, ternyata tidak menyebabkan angka kematian meningkat.

Itu karena banyak efek bermanfaat bagi tubuh saat puasa. Setidaknya, menurut adam ada tiga yaitu, menurunkan radikal bebas di dalam tubuh, menjadi waktu sel darah putih melakukan regenarasi, dan menurunkan sitokin peradangan di dalam darah.

Tiga manfaat itu bisa mengurangi masalah serius saat menghadapi Covid19 yang justru menyebabkan peradangan pada tubuh.

Jadi tidak ada alasan tidak berpuasa karena hal itu bisa menekan angka penularan Covid19 agar semakin terkendali dan perlahan menghilang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kendaraan Dinas dan Non Dinas Kodim 0732/ Sleman, di Razia Denpom IV/ Yogyakarta.

Mata Indonesia, Sleman - Ratusan kendaraan dinas non dinas, baik itu roda dua maupun roda empat yang dipakai oleh anggota Kodim 0732/ Kabupaten Sleman dicek kondisi fisik serta kelengkapan surat - suratnya oleh Denpom IV/2 Yogyakarta pada hari Senin." Operasi ini di lakukan di halaman Makodim 0732/ Sleman pada tanggal (1/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini