Catat, Pulau Galang Diandalkan Pemerintah Jokowi Hadapi Penyebaran Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pulau Galang dilirik Pemerintah Jokowi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19 di luar Cina. Jika negara-negara seperti Korea Selatan dan Jepang melakukan lockdown seperti di Cina, maka Indonesia akan menempatkannya di Pulau Galang tersebut.

“Kita berharap tidak ada lockdown lagi,” ujar Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto seperti dikutip Kamis 5 Maret 2020.

Saat ini, Korea Selatan negara dengan kasus terinfeksi Covid-19 paling banyak di luar Cina.

Berdasarkan data worldometer, tercatat 5.766 kasus terinfeksi virus tersebut. Sedangkan korban meninggal dunia 35 orang sedangkan yang sembuh total mencapai 88 orang.

Sedangkan di Jepang terdapat 331 kasus terinfeksi dengan korban meninggal 6 orang dan yang sembuh total 43 orang.

Sementara di Singapura terdapat 112 kasus terinfeksi tanpa data korban meninggal dunia. Sedangkan yang sembuh total 79 orang.

Maka, kemungkinan terbesar negara yang akan melakukan lockdown adalah Korea Selatan. Menurut Yuri, ada 5.000 WNI di Korea Selatan sekarang, sehingga Indonesia harus siap jika negeri ginseng itu mendadak melakukan lockdown, bukan karena ingin membangun rumah sakit khusus pasien corona.

Dipilihnya Pulau Galang karena ada fasilitas kesehatan yang sudah lama tidak digunakan di sana sejak para pengungsi Vietnam meninggal lokasi tersebut.

Kondisinya sekarang memang tidak terpelihara. Hampir sebagian besar stukturnya masih ada tapi tidak mungkin dipakai karema atapnya ada yang hilang serta beberapa bagian bangunan rusak.

Presiden Jokowi mengusulkan hal tersebut karena untuk digunakan lagi hanya memerlukan renovasi singkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Hardiknas Dengan Mimbar Bebas Orasi dan Kesenian

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, BEM Nusantara DIY menggelar aksi mimbar bebas pada 2 Mei 2024 di Tugu Yogyakarta yang dimeriahkan oleh orasi dan pertunjukkan kesenian.
- Advertisement -

Baca berita yang ini