Catat! Kelompok Orang Ini Rentan Terkena Virus Covid-10

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Virus corona semakin ganas akhir-akhir ini. Khususnya di tanah air kasus positif makin tinggi setiap harinya. Nah, kamu perlu tahu, ternyata ada beberapa orang yang dikategorikan rentan terkena virus covid-19.

Pada umumnya, orang yang rentan terkena corona memiliki sistem imun atau daya tahan tubuh yang lemah. Selain itu, mereka yang rentan terkena virus corona memiliki kondisi organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga lebih berisiko terinfeksi COVID-19.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ada beberapa kelompok yang rentan etrkena virus corona ini, di antaranya:

  1. Orang lanjut usia

Orang tua lanjut usia (lansia) merupakan golongan orang yang rentan terkena virus corona. Seiring bertambahnya usia, sistem imun yang berperan melindungi tubuh dari infeksi, mengalami penurunan.

Kondisi inilah yang tubuh lansia sulit melawan serangan virus corona. Apalagi sebagian besar lansia biasanya memiliki penyakit penyerta (komorbid) yang cukup kronis.

Hal tersebut membuat lansia yang terinfeksi covid-19 mengalami gejala berat, mengakibatkan komplikasi, bahkan sampai meninggal dunia.

  1. Penderita penyakit komorbid

Penderita penyakit komorbid atau penyerta termasuk orang yang berisiko tinggi Covid-19. Daya tahan tubuh penderita penyakit komorbid yang lemah, menyebabkan gejala covid-19 yang muncul lebih parah bahkan memicu komplikasi.

Keberadaan penyakit komorbid juga menghambat penyembuhan sehingga meningkatkan risiko kematian pada pasien covid-19.

  1. Perokok

Perokok memiliki kondisi paru-paru yang kurang baik, akibat terpapar nikotin dan zat kimia yang terkandung dalam rokok.

Tak hanya itu, rokok juga mampu merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga perokok rentan terkena virus corona.

Bahkan, ketika positif terinfeksi covid-19, orang yang merokok mengalami proses penyembuhan yang lebih lama.

Parahnya lagi, dibandingkan wanita yang memiliki dua kromosom X, laki-laki hanya punya satu kromosom X di dalam tubuh yang membuat mereka lebih berisiko terhadap virus.

  1. Obesitas

Makin banyak lemak pada tubuh seseorang, maka makin luas reseptor atau tempat virus menempel. Selain itu, lemak yang menempel pada organ tubuh akan membuat organ tubuh kesulitan berfungsi jika terpapar covid-19.

Bukan itu saja, obesitas biasanya juga berpotensi tinggi memiliki penyakit penyerta (komorbid) yang memperparah gejala virus corona.

  1. Anak-anak

Virus corona yang terus bermutasi menjadikannya lebih ganas dan lebih menular daripada varian aslinya. Hal inilah yang menyebabkan kasus covid-19 pada anak-anak, termasuk bayi, terus mengalami peningkatan.

Sistem imun anak-anak yang mudah melemah, membuat mereka dikategorikan sebagai orang yang rentan terkena corona.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini