Catat! Ini Daftar Lengkap Wilayah Jakarta dan Banten yang Terancam Kekeringan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Buat warga DKI Jakarta dan Banten harus mulai waspada sejak saat ini. Soalnya, BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Tangerang Selatan telah mengeluarkan peringatan kekeringan meteorologis di dua provinsi, yakni DKI Jakarta dan Banten.

Dalam pernyataan BMKG, sebagian besar wilayah Jakarta dan Banten akan mengalami kekeringan selama 20 hari hingga lebih 60 hari. Prakiraan peluang curah hujan pada 10 hari ketiga Agustus dan 10 hari pertama September 2019.

Dampak paling terasa adalah sektor pertanian yang menggunakan sistem tadah hujan. Selain itu, yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan, pasokan air dipastikan akan berkurang, bahkan langka.

“Kekeringan ini juga berdampak pada meningkatnya polusi udara di Banten dan Jakarta,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Tangsel di Serang, Rabu 21 Agustus 2019.

Prakiraan curah hujan rendah dengan status waspada untuk Lebak ada di Kecamatan Cileles, Panggarangan, dan Rangkasbitung; Pandeglang di Mandalawangi dan Menes; serta Tangerang di Kecamatan Cisoka.

Untuk siaga, di Jakarta di Kecamatan Gambir, Jagakarsa, Cilandak, Kebayoran Baru, Pasar Minggu, Kedoya Selatan, dan Grogol Petamburan; Depok di Kecamatan Depok dan Pesangrahan; Tangerang dan Tangsel di Kecamatan Sukamulya, Legok Serpong, Kresek, dan Pondok Aren.

Status siaga di Serang seperti Carenang, Cinangka, Kibin, Kramatwatu, Ciomas, Pamarayan, Cilodong, dan Tirtayasa. Pandeglang di Cipeucang, Banjarsari, Jiput, Labuan, Munjul, Pagelaran, Pulosari, Sobang. Di Kabupaten Lebak di Kecamatan Banjarsari, Cibeber, Cihara, Cikulur, Gunung Kencana, Cijaku, Rangkasbitung, Maja, Malingping, Warung Gunung.

Status awas di Jakarta, seperti di Menteng, Gambir, Kemayoran, Tanah Abang, Tebet, Pasar Minggu, Setiabudi, Halim, Pulogadung, CIpayung, Cilincing, Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading, dan Penjaringan.

Lebak berstatus awas di Bayah, Cilograng, Cimarga, Malingping. Pandeglang di Kecamatan Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu. Di Serang di Kecamatan Ciruas dan Walantaka. Di Tangerang di Kecamatan Teluk Naga, Sepatan, Mauk, Cengkareng, Ciputat, Kresek, Cipondok, Kronjo, Kemiri, Pasar Kemis, dan Tangerang.

 

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini