Camping di Titik Nol IKN, Ketua MPR Berkemah Sederhana dan Tak Ada AC

Baca Juga

MATA INDONESIA, PENAJAM – Hampir semua pejabat tinggi ikut menemani Presiden Joko Widodo berkemah dan bermalam di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Sepaku Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Salah satunya adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

”Kita semua menginap menggunakan tenda sederhana yang telah disiapkan. Kegiatan berkemah dan bermalam di IKN ini merupakan simbol awal pembangunan IKN Nusantara,” ujar Bamsoet, Senin 14 Maret 2022.

Selain Bamsoet, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe juga turut berkemah.

Bamsoet menuturkan lokasi kemah berada dalam kawasan hutan industri. Di lokasi tersebut akan ada pembangunan Istana Negara.

”Memang tidak banyak yang ikut bermalam dan berkemah. Hal ini karena lokasi berkemah yang terbatas hanya berbentuk kontur tanah yang becek jika hujan. Fasilitas juga sangat terbatas. Hanya ada tempat tidur di dalam tenda, tanpa AC. Makanan pun hanya kue dan buah. Kalau lapar kita dapat Pop Mie,” kata Bamsoet.

Ia mengaku ikut berkemah sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pembangunan IKN Nusantara. Sekaligus merasakan denyut nadi alam dan aura Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia optimistis tahapan pembangunan IKN yang berlangsung dari tahun 2022 hingga 2045 akan berjalan lancar.

”MPR RI mendukung penuh pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara. Seperti amanat Undang-Undang No 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara. Pemerintah tengah berjuang membangun fisik IKN Nusantara. MPR RI akan memperkuat dengan menghadirkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN). Sehingga pembangunan IKN tidak akan mangkrak jika terjadi pergantian kepemimpinan nasional,” kata Bamsoet.

Titik Nol merupakan referensi koordinat pembangunan kompleks Istana Negara dan pusat pemerintahan di kawasan Inti pusat pemerintahan IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Wilayah IKN Nusantara berada di sebelah utara Kota Balikpapan dan sebelah selatan Kota Samarinda.

”Secara administratif, IKN Nusantara terletak di dua kabupaten existing, yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara tepatnya di Kecamatan Penajam dan Sepaku. Serta di Kabupaten Kutai Kartanegara tepatnya di Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Muara Jawa, dan Samboja. Luas wilayah darat mencapai 256.142 hektar dan luas wilayah perairan laut mencapai 68.189 hektar,” kata Bamsoet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini