Ketua MPR Ajak Seluruh Elemen Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Seluruh elemen bangsa diajak mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan semangat kebangsaan amat dibutuhkan guna mewujudkan Ibu Kota Negara baru sesuai yang diamanatkan Undang-Undang No 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara.

“Saya mengapresiasi kehadiran 34 gubernur se-Indonesia dan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur yang berkumpul di Titik Nol Ibu Kota Negara. Ini menandakan seluruh provinsi di Indonesia mendukung pemindahan Ibu Kota Negara ke Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujar Bamsoet, Senin 14 Maret 2022.

Hal ini ia sampaikan usai menghadiri acara penyatuan tanah dan air di IKN oleh Presiden RI Joko Widodo. Bamsoet menjelaskan Presiden Jokowi beserta 34 gubernur se-Indonesia melakukan prosesi melakukan penyatuan tanah dan air Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Negara.

Titik nol merupakan referensi koordinat pembangunan kompleks Istana Negara dan Pusat Pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.

“Para gubernur mengambil tanah dan air dari wilayahnya masing-masing dengan memperhatikan kearifan lokal. Tanah dan air tersebut diserahkan kepada Presiden Jokowi dan disatukan dalam Kendi Nusantara di Titik Nol IKN yang akan dijadikan wilayah Ibu Kota Negara,” katanya.

Ia menambahkan selain tanah dan air, para gubernur juga melakukan penanaman pohon khas masing-masing wilayah tersebut. Jokowi menanam pohon meranti merah, sementara Iriana menanam pohon kamper.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini