Bukan Sembarang Kata, Nama Tompi adalah Sebuah Harapan dari Ibunda

Baca Juga


MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyanyi asal Aceh bernama Tompi ternyata memiliki nama asli yang jauh berbeda dengan panggilannya sehari-hari, yaitu Teuku Adifitrian.

Namun nama Tompi bukan berasal dari dunia hiburan yang membesarkannya sebagai penyanyi jazz maupun dari panggilan akrab teman-temannya.

Pemberian Ibu
Nama Tompi ternyata juga pemberian ibunya. Adifitrian kecil sering dipanggil dengan nama itu karena mengandung doa dan harapan yang bagus. Tompi berarti pekerjaan yang sempurna, kebaikan dan kesopanan.

Lelaki kelahiran Lhokseumawe, Aceh 22 September 1978 itu saat ini bukan hanya dikenal sebagai seorang penyanyi tetapi juga sebagai dokter bedah plastik, bahkan sedang menekuni fotografi hingga belakangan menyutradarai film-film pendek.

Berawal Dari Kegiatan Musik Kampus
Sewaktu tinggal di Aceh, Tompi menyadari bahwa dirinya memiliki hobi bernyanyi. Ia pun mengasah bakat tersebut, ditambah dengan mengikuti sanggar tari dan bermain musik gendang.

Setelah lulus SMA tahun 1997, Tompi pergi ke Jakarta untuk kuliah di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Semasa kuliah, ia juga aktif di kegiatan musik kampus.

Saat itulah, namanya semakin dikenal sebagai penyanyi di kampus. Setelah lulus dengan gelar dokter, Tompi bahkan semakin enjoy dengan hobinya itu sehingga sempat bernyanyi di beberapa hotel sampai tempat hiburan.

Akhirnya, menyanyi pun mulai ditekuninya sampai Tompi mulai mencipta beberapa lagu. Kariernya di dunia musik tidak bisa dipandang sebelah mata, dia bahkan pernah bergabung dengan grup band jazz asal Singapura, Cherokee pada 2003.

Tahun 2005, ia memulai berkarier solo dengan mengeluarkan album pertamanya berjudul T yang berasal dari inisial nama panggilannya. Album lainnya yaitu, Playful, My Happy Life, Paris Jakarta Express, Tak Pernah Setengah Hati, dan Romansa.

Terdapat dua lagu hit nya berjudul “Sedari Dulu” pada tahun 2008 dan “Tak Pernah Setengah Hati” yang dirilis tahun 2010. Pada 2018, Tompi berhasil meraih penghargaan AMI Award untuk Karya Produksi Kroncong/Kroncong Temporer/Stambul/Langgam Terbaik.

Fotografi
Fotografi menjadi pekerjaan sampingan Tompi untuk mengisi waktu luang saat ia menunggu pasien datang. Tompi memiliki satu ruangan penuh yang berisi alat fotografinya dalam mempelajari foto analog. Karena hobi nya ini, ia pernah memotret untuk cover majalah. Pada perilisan album Romansa tahun 2016, ia mengadakan pameran dengan hasil foto-foto miliknya.

Sutradara Film
Pada 19 September 2019 ia menyutradarai sebuah film berjudul “Pretty Boys” yang dibintangi oleh Vincent dan Desta. Film itu berhasil menghipnotis 500.000 penonton dalam 11 hari penayangan.

Belum lama ini, 13 Agustus 2021, ia juga menyutradarai film berjudul “Selesai” yang diperankan Gading Marten dan Ariel Tatum.

Mendirikan Klinik
Di samping berkarir di ranah hobinya, Tompi juga tidak menyia-nyiakan hasil kuliahnya sebagai dokter. Pada 2010 bersama rekan doktenya, di mendirikan klinik bedah plastik dengan nama Beyoutiful Aesthetic Clinic tepatnya di Jakarta Selatan. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah di Jogja masih Didominasi Bahan Organik, DLH Jogja Minta Masyarakat Terapkan Biopori

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ketua Tim Penanganan Sampah, DLH Kota Jogja, Mareta Hexa Sevana, menyoroti dominasi sampah organik dalam produksi sampah di wilayahnya yang mencapai lebih dari 50 persen. Mareta menekankan pentingnya perhatian terhadap masalah ini, terutama dari rumah tangga di Kota Yogyakarta.
- Advertisement -

Baca berita yang ini