BMKG: Pulau Samosir Dilanda 142 Kali Gempa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejak Januari hingga 11 Mei 2021, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat 142 gempa bumi terjadi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Khusus hari ini terdeteksi 44 kali gempa.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hartanto mengatakan, monitoring kejadian gempa bumi di Samosir terus dilakukan, mengingat seringnya terjadi gempa di daerah ini.

Koordinator Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan Eridawati  mengatakan berdasarkan hasil analisis dan monitoring, gempa Samosir cukup unik dengan frekuensi kegempaan tinggi, berulang-ulang dan bersifat sangat lokal.

Kondisi itu menggambarkan jenis kegempaan di kawasan Samosir dikategorikan swarm dan variasi magnitudonya relatif kecil di bawah 4. Untuk sebaran epicenternya terkonsentarasi di Kecamatan Palipi, Nainggolan dan Pangururan.

Peneliti Pusat Gempa Regional I Marzuki Sinambela menambahkan, BMKG telah memiliki sensor mini region yang sudah beroperasi di kawasan Danau Toba untuk memonitor dan mendeteksi gempa yang bersifat lokal.

“Kejadian kegempaan Samosir dalam kurun beberapa bulan ini juga mendorong USK (Universitas Syah Kuala) dan BMKG memasang 20 sensor yang portable yang tersebar di tujuh Kabupaten di kawasan Danau Toba untuk penelitian lebih lanjut,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini