Blue Origin Berencana Kembangkan Stasiun Ruang Angkasa Komersial

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON Miliarder sekaligus pemilik perusahaan antariksa Blue Origin, Jeff Bezos meluncurkan rencana mengembangkan stasiun ruang angkasa komersial yang disebut “Orbital Reef”.

Bezos berharap rencana tersebut dapat terealisasikan dan meluncurkan pesawat ruang angkasa pada paruh kedua dekade ini. Orbital Reef akan dioperasikan sebagai taman bisnis serba guna di luar angkasa.

Usaha ini akan dibangun dalam kemitraan dengan Sierra Space, sayap luar angkasa dari kontraktor pertahanan Sierra Nevada Corp, dan akan didukung oleh Redwire Space, Genesis Engineering Solutions, serta Arizona State University.

Rencananya, Bezos akan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dan membuat pasar baru di luar angkasa, kata Blue Origin dan Sierra Space.

“Badan antariksa berpengalaman, konsorsium teknologi tinggi, negara berdaulat tanpa program luar angkasa, perusahaan media dan perjalanan, pengusaha yang didanai dan penemu yang disponsori, dan investor yang berpikiran masa depan semuanya memiliki tempat di Orbital Reef,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Pada Juli, Blue Origin melakukan debut penerbangan pariwisata luar angkasa yang sukses, dengan Bezos dan tiga orang lainnya di dalamnya. Sementara awal bulan ini, aktor kawakan William Shatner – Kapten James Kirk di film “Star Trek”, menjadi orang tertua yang ke luar angkasa di atas kapal roket yang diterbangkan oleh Blue Origin.

Belum lama ini, Pangeran William melayangkan kritik terhadap miliarder yang mengirim orang-orang untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa. Menurutnya, para miliarder itu seharusnya fokus menyelamatkan bumi.  

“Kami membutuhkan beberapa otak dan pikiran terhebat di dunia yang berusaha memperbaiki planet ini, bukan mencoba menemukan tempat berikutnya untuk pergi dan tinggal,” kata William, melansir Good Morning America (15/10).

William juga mengatakan bahwa ia sama sekali tidak tertarik untuk mengelilingi antariksa. Pewaris takhta Kerajaan Inggris itu bahkan mempertanyakan biaya karbon yang dihabiskan untuk melakukan penerbangan ke sana.

Sebagai catatan, Jeff Bezos sukses mengudara ke luar angkasa selama 10 menit 10 detik. Bezos terbang sekitar 66,5 mil (107 kilometer) di atas gurun Texas dalam roket New Shepard dari Blue Origin, Selasa, 20 Juli 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini